Peran Guru Penggerak dalam Komunitas Belajar di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.23887/igsj.v4i1.63805Kata Kunci:
Pendidikan Guru Guru penggerak Komunitas BelajarAbstrak
Guru penggerak menjadi salah satu terobosan baru yang dibuat untuk memajukan sektor pendidikan di Indonesia berdasarkan arahan Menteri Pendidikan. Artikel ini dibuat bertujuan untuk mengetahui apa itu guru penggerak dan apa peran guru penggerak dalam komunitas belajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode wawancara serta observasi seputar guru penggerak serta komunitas belajar kepada salah satu guru penggerak. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai guru penggerak serta perannya dalam komunitas belajar di sekolah.
Referensi
Arikunto. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Asiba, W. P. (2021). Pentingnya teknologi bagi guru p ada masa pandemi covid 19. OSF Preprints, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/6scf4.
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(2018), 113–120 194. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194.
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. In 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers (Vol. 1, hal. 359–364). https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302.
Irawaty, I., Suran, N. A., Prabowo, M. S., Setyasto, N., Wardani, N. W., Munawaroha, E., Hanuma, H. L., Farlina, I., Indriyani, W., & Lestari, E. (2023). Program Sekolah Penggerak dan Peran Guru Penggerak Berdasarkan Kurikulum Merdeka Bagi Guru Yayasan Asshodiqiyah Kota Semarang. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.53860/losari.v5i1.123.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.
Javanis, D. S., Sartini, Nawanti, R. D., Purnomo, S., Handayaningsih, A. C. R., & Sutama. (2024). Peranan Guru Penggerak Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP Negeri 16 Surakarta. JOEAI (Journal of Educational and Instruction), 7(1), 24–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v7i1.8789.
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023a). Peranan Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia, 2(8), 821–827. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692.
Kusumadewi, R., Susilowati, N., Hariyani, L., & Nita, A. F. (2023b). Peranan Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Era Merdeka Belajar. Jurnal Impresi Indonesia. https://doi.org/10.58344/jii.v2i8.2692.
Kusumah, W., & Alawiyah, T. (2021). Guru Penggerak: Mendorong Gerak Maju Pendidikan Nasional. Penerbit Andi.
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 198–219. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p198.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
Mulyasa, & Aksara, B. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Indah Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1, 141–147. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/248.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432.
Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah - Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2548.
Ridwan, T., Sutandi, S., Rirdaus, M. F., Anwarudin, M. M., Nugraha, F. M., Syah, M. F., Rizki, S., Mucholis, M., & Waluyo, S. (2022). Implementasi Merdeka Belajar di SMPN 2 Klangenan Cirebon. Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher, 2721–9666. https://doi.org/10.36312/teacher.v3i2.1332.
Saraswati, S., Safitri, A., & Kabiba, K. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56.
Sibagariang, D., Sihotang, H., D. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.
Sihombing, A. A., Anugrahsari, S., Parlina, N., & Kusumastuti, Y. S. (2022). Merdeka Belajar in an Online Learning during The Covid-19 Outbreak: Concept and Implementation. Asian Journal of University Education. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i4.16207.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2). https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379.
Surahman, D. (2020). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan MerdekaBelajar Di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 376–87. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i04.667.
Sutarmin, S. (2023). Peran Akademisi dalam Peningkatan Kualitas SDM melalui Penggunaan Platform Teknologi Digital. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.25170/mitra.v7i1.4161.
Tentama, F., Subardjo, & Abdillah, M. H. (2019). Motivation to learn and social support determine employability among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Researchin Education. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.18188.
Uyun, H. A., & Diana, D. (2023). Implementasi Kegiatan Project-based Learning Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16510.
Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.112.
Zulinto, A., Lestari, N. D., Badeni, K., M., Y., A., F., & Danim, S. (2024). The Principal’s Perception of Independent Learning Curriculum and Teachers’ Readiness for Compiling Learning. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 54–79. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-108-1_7.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Values and Character Education Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.