Pelatihan Dan Pembinaan Kerajinan “Tenun Songket” Desa Jinengdalem

Authors

  • Rai Sujanem Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Sudarmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15539

Abstract

Tujuan dari pembinaan tenun songket di desa Jinengdalem adalah untuk membina sebuah kelompok perajin penenun songket yang mandiri dan memberdayakan potensi eknomi lokal. Pembinaan ini melibatkan bidang produksi dan manajemen usaha. Metode implementasinya adalah metode IbM dalam bidang produksi, yaitu perancangan dan modifikasi dari alat tenun dan alat-alat pendukung, pengadaan bahan baku, pelatihan keterampilan menenun songket. Kegiatan- kegiatan dalam bidang manajemen usaha meliputi pelatihan dalam manajemen usaha, pelatihan dalam pembukuan bisnis atau penciptaan situs jaringan e-commerce sebagai media promosi dan toko on-line dan pelatihan pemasaran berbasis internet. Hasil-hasil dari program implementasi IbM adalah sebagai berikut. Dalam bidang produksi, yaitu pengadaan desain produksi dan modifikasi alat tenun "cagcag", "paninjin" dan "dengkrek", pengadaan bahan baku utama seperti benang dan warna. Hasil dari pelatihan dalam produksi kerajinan dasar adalah variasi ukuran dasar tenun songket. Hasil dari pelatihan dalam variasi desain produk adalah variasi-variasi tenunan songket berdasarkan perkembangan pasar, dan desain songket sebagai cindramata seperti tas songket dengan berbagai model. Hasil dalam manajemen usaha adalah para peserta yang terdiri atas pengrajin songket telah mampu mengelola usaha, membuat pembukuan yang baik dan pengrajin telah memiliki situs jaringan (website) sebagai media promosi dan pemasaran. Penjualan produk pengrajin menjadi tersebar luas dan meningkat.

References

Adiputra, I Made Pradana, Gede Putu Agus Jana Susila & I Gede Mahendra Darmawiguna. 2015. ibM Songket Jinengdalem. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/ view/9597/6114.

Anonim, 2009. Monografi desa Jineng Dalem.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Panduan Unggah Bahan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Artikel Imiah, Borang Capaian dan Poster) Melalui SIM-LITABMAS.

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi IX.

Mardimpusihombing, 2012. Industri Kerajinan Tangan. Tersedia pada http://mardimpusihombing. blogspot.com/2012/06/industri-kerajinan-tangan.html

Shelsia’s Songket Bali. 2010. Kain Songket Bali. Tersedia pada http://www.balipost.co.id/ mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=14&id=72492

Suardana, N. 2009. Macam dan Jenis Seni Kerajinan di Kabupaten Buleleng. Tersedia pada http://id.scribd.com/ doc/58219158/Peper-Presentasi-Kerajinan-Buleleng-2009.

Suardina, I.M., Radiawan, I.M. & Bagiarta, I.W. 2010. Macam dan Jenis Seni Kerajinan di Kabupaten Buleleng Bali. Makalah disajikan dalam Program I-MHERE Sub Component B1 Batch III Institut Seni Indonesia Denpasar.

Sudirtha, I Gede & Putu Agus Mayuni. 2012. Produktivitas Kerja Dan Tingkat Partisipasi Kerja (TPK) Wanita Pengerajin Tenunan Tradisional Di Desa Jineng Dalem Kabupaten Buleleng Bali. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/2873/2375.

Sila, I Nyoman & I Dewa Ayu Made Budhyani. 2013. Kajian Estetika Ragam Hias Tenun Songket Jineng Dalem Buleleng. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/1311/1172.

Tungga Wika Atmaja, Agustiana Wikrama. 2013. Perkembangan Motif Kerajinan Tenun Songket Di Desa Sidemen Karangasem Bali. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/view/1007/874

Viatra, Aji Windu & Slamet Trianto. 2014. Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenun Di Indralaya Palembang. Tersedia pada http://www.journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Ekspresi/ article/view/73/61.

Downloads

Published

2018-08-31

How to Cite

Sujanem, R., & Sudarmawan, A. (2018). Pelatihan Dan Pembinaan Kerajinan “Tenun Songket” Desa Jinengdalem. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 107–115. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15539

Issue

Section

Articles