Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet

Authors

  • Rai Sujanem Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • Erwan Sutarno Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Aris Gunadi Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17485

Abstract

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut. 1) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru IPA SMP untuk membuat media simulasi praktikum IPA dengan program PhET. 2) Guru-guru IPA SMP dapat mengimplementasikan media simulasi praktikum IPA dengan program PhET dalam proses pembelajaran IPA. Peserta pelatihan adalah guru-guru IPA SMPN 1 Sukasada, SMP Negeri 1, 2, 3, 4, 5 Singaraja, dan SMP Lab Undiksha Singaraja. Jumlah peserta adalah 15 orang. Prosedur kegiatannya melalui pelatihan dan pendampingan pembuatan media simulasi praktikum IPA dengan program PhET. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa 1) peserta pelatihan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk membuat media simulasi praktikum IPA dengan program PhET, 2) peserta pelatihan dapat mengimplementasikan  media simulasi praktikum IPA dengan program PhET dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan uraian ini, dapat disimpulkan bahwa para peserta pelatihan telah dapat membuat media simulasi praktikum IPA dengan program PhET dan dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran IPA di kelas

References

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Finkelstein, N. 2006. “Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project”. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2 (3): 110-121.

Finkelstein, N.D., Perkins, K.K., Adams, W., Kohl, P., and Podolefsky ,N. 2004. “Can Computer Replace Real Equipment in Undergraduate Laboratories?”, Physics Education Research Conference Proceedings. Dapat dinduh di http://www.colorado.edu/physics/EducationIssues/papers/Finkelstein_PERC1.pdf

Finkelstein, N.D., Adams, W., Keller, C.J., Kohl, P., and Podolefsky ,N., and S. Reid. 2005. “When learning about the real world is better done virtually: A Study of substituting computer simulation for laboratory equipment”. Physical Review Special Topics-Physics Education Research. Dapat diunduh di http://prst-per.aps.org/abstract/PRSTPER/v1/i1/e010103

Joyce, B. Weil, M. Calhoun, E. (2009). Model of Teaching. Alyn and Bacon. United State of America.

Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. 2014. Pedoman Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha. Singaraja:Undiksha

Perkins, K., Adams, W., Dubson, M., Finkelstein, N., Reid, S. and Wieman, C.. 2006. “PhET: Interactive simulations for Teaching and Learning Physics”. The Physics Teacher Vol. 44 Januari 2006.

Permendikbud No 65 Tahun 2013. 2013. Standar Proses Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Taufiq, M. 2008. Pembuatan Media Pembelajaran Ber¬basis Compact Disc Untuk Menampilkan Sim¬ulasi Dan Virtual Labs Besaran-Besaran Fisika. J. Pijar MIPA. Vol. 3 (3): 68–72.

Downloads

How to Cite

Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi Phet. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17485