Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP Terintegrasi Adiwiyata Berbasis Isu-isu Kritis Lokal pada Calon Sekolah Adiwiyata di Tanjungpinang
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i3.16271Abstract
Pembelajaran menjadi aspek yang sangat menentukan dalam penilaian adiwiyata. Namun, merancang pembelajaran terintegrasi adiwiyata masih menjadi kendala bagi guru. Sehingga sebagian besar sekolah tidak dapat mencapai batas minimum untuk lolos menjadi sekolah adiwiyata baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Selain lemah dalam merancang pembelajaran berupa RPP, guru juga kurang mampu mengangkat isu lokal. Sedangkan sekolah adiwiyata di Tanjungpinang baru mencapai tidak lebih dari 20%. Peningkatan kemampuan guru Tanjungpinang dalam menyusun RPP terintegrasi adiwiyata yang berbasis kearifan lokal mutlak diperlukan agar sekolah adiwiyata di Tanjungpinang semakin meningkat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan bagi guru-guru calon sekolah adiwiyata tingkat kota, sekolah adiwiyata tingkat kota, dan sekolah adiwiyata tingkat provinsi di Tanjungpinang. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan penyusunan RPP. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun RPP terintegrasi adiwiyata berbasis isu-isu kritis lokal bagi guru-guru di Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan kegiatan dalam bentuk tatap muka dan daring mulai tanggal 10-17 Oktober 2018. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan PKM bagi guru-guru berlangsung dengan baik. Guru-guru antusias dan terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan. Hampir semua guru sudah mampu meningkatkan kemampuannya dalam menyusun RPP. RPP yang digunakan oleh sekolah adiwiyata sebenarnya sama dengan RPP sesuai regulasi kurikulum Kemendiknas, karena regulasi kurikulum sudah memuat pelestarian lingkungan. Dengan demikian tidak ada istilah khusus untuk RPP dan kurikulum sekolah yang melaksanakan adiwiyata.
References
Lisdiana, Widiyaningrum, Priyantini, dan Nurrohmah, Siti. 2016. Pengelolaan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Prosiding Seminar Nasional Unmas Denpasar.
Hindrasti, N.E.K. dan Sabekti, A.W. 2017. Profil Kearifan Lokal Kepri (Kepulauan Riau) Berbasis Lingkungan sebagai Pendekatan Pembelajaran Sains. Prosiding SEMIRATA Jambi 2017.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.05 Tahun 2013Lisdiana, Widiyaningrum, Priyantini, dan Nurrohmah, Siti. 2016. Pengelolaan Sampah Plastik di Lingkungan Sekolah Adiwiyata. Prosiding Seminar Nasional Unmas Denpasar.
Hindrasti, N.E.K. dan Sabekti, A.W. 2017. Profil Kearifan Lokal Kepri (Kepulauan Riau) Berbasis Lingkungan sebagai Pendekatan Pembelajaran Sains. Prosiding SEMIRATA Jambi 2017.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Pendidikan da Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pujani, Ni Made. 2018. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Bumi Antaraiksa bagi Kelompok Guru SMP dan SMA Lab. Undiksha Singaraja. International Journal of Community Service Learning, 2(1).
R, Rivanna Citraning, Nurwahyunani, Atip, dan Rosyida. 2018. PKM Sekolah Adiwiyata Se-Kabupaten Demak. Laporan Pengabdian.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 pasal 65 ayat (2) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.
Peraturan Menteri Pendidikan da Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pujani, Ni Made. 2018. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Ilmu Pengetahuan Bumi Antaraiksa bagi Kelompok Guru SMP dan SMA Lab. Undiksha Singaraja. International Journal of Community Service Learning, 2(1).
R, Rivanna Citraning, Nurwahyunani, Atip, dan Rosyida. 2018. PKM Sekolah Adiwiyata Se-Kabupaten Demak. Laporan Pengabdian.
Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 pasal 65 ayat (2) tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.