Dongeng Putri Pandan Berduri dan Putra Lokan Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.21064Keywords:
Dongeng, Pendidikan Karakter, Putra LokanAbstract
Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng Putri Pandan berduri dan Dongeng Putra Lokan. Jenis penelitian yang peneliti lakukan ini jelas berjeniskan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif. Objek penelitian adalah dongeng Putri Pandan Berduri dan dongeng Putra Lokan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumen, yaitu dongeng Putri Pandan Berduri dan dongeng Putra Lokan. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) mendengarkan dan memahami dongeng dengan baik dan (2) menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah doengeng Putri Pandan Berduri mengandung nilai pendidikan karakter, seperti: 1) nilai religious atau keagamaan; (2) nilai kejujuran; (3) nilai toleransi, (4) disiplin, (5) nilai kerja keras, (6) mandiri, (7) demokratis; (8) komunikatif; (9) cinta damai; dan (10) nilai tanggung jawab. Dongeng Putra Lokan mengandung 17 nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (6) kreatif, (7) mandiri, (8) demokratis, (9) rasa ingin tahu, (10) semangat kebangsaan, (11) cinta tanah air, (12) menghargai prestasi, (13) bersahabat / komunikatif, (14) cinta damai, (15) peduli lingkungan, (16) peduli sosial, dan (18) nilai tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan kedua dongeng ini kaya dengan nilai pendidikan karakter dan sangat layak dijadikan bahan bacaan.
References
Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560
Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18
Amin, M., Syahnaidi, Q., & Baroroh, R. U. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Muhammadiyah. Journal of Arabic Studies, 3(2), 181–195. http://dx.doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97
Aw, S. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Tayangan " Mario Teguh Golden Ways " the Character Education Values Contained in the Program Mario Teguh Golden Ways. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(2), 181–191. file:///C:/Users/LABKOM/Downloads/138759-ID-nilai-nilai-pendidikan-karakter-yang-ter.pdf
Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 08(2), 185–199. http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929
Gusal, L. . (2015). “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu.” Jurnal Humanika, 15(3), 1–18. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/611
Hafida, N., & Wahid, A. H. (2018). Pembentukan Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Bagi Peserta Didik Di Madrasah Melalui Program Adiwiyata. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 8, p-ISSN.
Irawan, E. (2016). Implementasi Penanaman Karakter Melalui Matematika Pada Kurikulum 2013. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.4
Kumayroh, N. (2013). Analisis struktural dan moralitas tokoh dalam dongeng putri arum dalu karangan dhanu priyo prabowo. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya Jawa, 03(05), 30–34. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/757
Mufid, F. (2017). Spiritual Teaching Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smk Islam Tsamratul Huda Tahunan Jepara. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 253. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i2.1775
Mujinatun. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1924
Pamuji, Z. (2018). Peran Guru Kelas Madrasah Ibtidaiyah dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Suatu Kajian Konseptual Terkait Perpres No 87 Tahun 2017). In INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan (Vol. 22, Issue 2, pp. 234–251). https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1206
Ronidin. (2017). Dongeng Sebagai Alternatif TKI Mengenali Masyarakat Korea. 13(1), 62–74. http://jurnalpuitika.fib.unand.ac.id/index.php/jurnalpuitika/article/download/49/35
Sri Sumarni, Achmad Dardiri, D. Z. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Biomass Chem Eng, 49(23–6), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7811
Suhardi. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng Putra Lokan. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 14(1), 49–59. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/12907
Suhra, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Masyarakat Bugis Bone. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 222. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.459
Supranoto, H. (2015). Karakter Bangsa Pada Intinya Bertujuan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 36–49. http://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/141/112
Vera Sophya, I. (2018). Membangun Kepribadian Anak Dengan Dongeng. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 183. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4272
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.