Pelatihan Blended Learning Melalui Aplikasi Mobile Bagi Guru SMP pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.29094Keywords:
Pelatihan, Blended Learning, Aplikasi Mobile, Guru SMPAbstract
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan blended learning melalui aplikasi mobile bagi guru SMP. Peserta pengabdian adalah guru-guru pada SMP yang berjumlah 35 orang guru. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan memberikan teori terkait pembelajaran blended learning, pelatihan menggunakan aplikasi google classroom, dan pelatihan menggunakan aplikasi zoom meeting berbasis mobile handphone. Metode pelaksanaan pengabdian akan dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan menggunakan blended learning melalui aplikasi mobile; terakhir, tahap monitoring dan evaluasi. Hasil yang diperoleh adalah (1) hanya 40% guru yang menerapkan pembelajaran daring, (2) pengunaan modul pelatihan blended learning sangat penting selama pelatihan berlangsung, (3) pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik dan para guru mampu mengaplikasikan zoom meeting dan google classroom yang ada di handphone dan laptop mereka secara baik, (4) permintaan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan ini.
References
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855–866. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3169
Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66–79. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011
Fandianta, D. (2013). Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa dengan Memberikan Fleksibilitas Belajar Mengajar Melalui Metode Blended Learning. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 2(2), 1–8.
Fitriana, N. (2017). Mata Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Journal of Educational Innovation, 4(1), 46–54. https://erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/210/185
Hendarita, Y. (2013). Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Teknologi, 1(1), 69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60
Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279
Irawan, E. (2020). Pelatihan Blended Learning sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 4, No., 181–189. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499
Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Perencanaan Teknologi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 73–83. https://doi.org/10.21009/jtp.v17i2.10226
Ivone, F. M., Mukminatien, N., & Tresnadewi, S. (2020). Blended Learning Untuk Penguatan Kompetensi. Jurnal Graha Pengabdian, 2, 18–26. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/12159
Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633
Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, M. (2019). Pelatihan E-Learning Pada Guru Sma It Plus Bazma Brilliant. 2(2), 127–132. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.334
Pustadi, S. (2019). Pengembangan Modul Pelatihan Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Guru Kimia. 22, 1–15.
Suhartono. (2017). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar.
Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Wardani, Deklara Nanindya, D. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan, UsersHPDownloads2852-9931-1-PB.pdf. Jktp, 1(April), 13–18.
Wong, G. L. H., Wong, V. W. S., Thompson, A., Jia, J., Hou, J., Lesmana, C. R. A., Susilo, A., Tanaka, Y., Chan, W. K., Gane, E., Ong-Go, A. K., Lim, S. G., Ahn, S. H., Yu, M. L., Piratvisuth, T., & Chan, H. L. Y. (2020). Management of patients with liver derangement during the COVID-19 pandemic: an Asia-Pacific position statement. The Lancet Gastroenterology and Hepatology, 5(8), 776–787. https://doi.org/10.1016/S2468-1253(20)30190-4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.