Strategi Pencegahan Penularan Virus Covid-19 pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.29095Keywords:
Strategi Pencegahan, Covid 19, Siswa Sekolah DasarAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan strategi pencegahan virus covid-19 pada Sekolah Dasar di Kec. Pante Bidari, Aceh Timur. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan memberikan teori dan strategi pencegahan virus covid-19 pada 4 (empat) Sekolah Dasar yaitu SDN Pante Panah, SDN Paya Demam Dua, SDN Lhoknibong, dan SDN Bandar Baru Kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam pengabdian ini adalah guru kelas dan siswa di wilayah kabupaten Aceh Timur. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu survei, koordinasi, dan monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil pengabdian, disosialisasikan sepuluh strategi pencegahan covid-19, yaitu rajin mencuci tangan dengan benar, menggunakan hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun, menggunakan masker secara benar, menggunakan face shield, penyemprotan disinfektan, memberi vitamin sebagai imun booster, menggunakan tisu saat bersin dan batuk, menghindari bepergian selama pandemi, dan menghindari kontak langsung dengan orang lain.
References
Aji, R. H. S. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Fadlilah, A. N. (2020) ‘Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 373. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.548.
Kemendikbud (2020) Panduan penyelenggaraan pembelajaran pengayaan.
Murfi, A. et al. (2020) ‘Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia’, MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), pp. 119–136. doi: 10.14421/manageria.2020.51-07.
Nafilah, Z. A. and Muflihah, . (2020) ‘Langkah Taktis Pencegahan Covid-19 di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik’, Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), p. 360. doi: 10.24198/jppm.v7i2.28821.
Nahdi, K. et al. (2020) ‘Perempuan sebagai sekolah pertama: koordinasi pembelajaran dari rumah era tatanan normal baru’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), p. 1. doi: 10.29210/3003608000.
Purwanto, Agus, D. (2020) ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar’, 2, pp. 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Ramadhan, I. L. (2020) ‘Strategi pencegahan penyebaran covid-19 di lembaga pemasyarakatan’, JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 7(3), pp. 518–522. DOI : 10.31604/justitia.v7i3.518-522
Safrizal, D. (2020) Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Pemerintah Daerah, Journal of Chemical Information and Modeling.
Santoso, D. H. and Santosa, A. (2020) Covid 19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif.
Sari, M. K. (2018) ‘Sosialisasi Tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/9821
Siahaan, M. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), pp. 73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.
Unicef (2020) Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah, Unicef. Available at: lbender@unicef.org.
Wardhani, Dhiyan Krishna, dkk (2020) ‘Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual’, 1(3), pp. 131–136. https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/33
Yuliana, (2020). Corona Virs Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, (187-192). https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.