Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Nelayan Sumber Ayu

Authors

  • IA Cynthia Saisaria Mandasari Warmadewa university
  • Ida Ayu Agung Idawati
  • Ni Luh Made Mahendrawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29630

Keywords:

Penurunan penjualan, low season, pendampingan

Abstract

Daerah Pantai Kedonganan merupakan daerah tujuan wisata di Bali yang juga memiliki hasil laut yang tinggi. Perekonomian masyarakat sekitar didukung oleh hasil laut dan pariwisata tersebut. Pendapatan masyarakat tergantung pada jumlah kunjungan wisatawan. Biasanya, penurunan penjualan terjadi saat low season. Tujuan pengabdian masyarakat ini membantu mitra untuk meningkatkan penjualan khususnya pada low season. Mitra dari program pengabdian masyarakat ini adalah “Kelompok Nelayan Sumber Ayu” yang terletak di Desa Kedonganan, Kabupaten Badung. Kelompok nelayan ini menjual hasil olahan ikan. Permasalahan yang dihadapi kelompok nelayan ini adalah: 1) Penurunan penjualan saat low season. 2) Teknik pemasaran yang masih manual. 3) Adanya perselisihan dengan konsumen. Metode yang digunakan adalah pembinaan dan pendampingan sistem digital marketing dalam memasarkan olahan ikan serta tata cara penyelesaian preventif dan represif terhadap perselisihan yang terjadi dengan konsumen. Hasil dari pengabdian ini adalah pembinaan mengenai risiko yang mungkin dihadapi saat terjadinya penurunan penjualan. Pemaparan tentang strategi digital marketing dan pembentukan website yang diharapkan akan mampu menunjang pemasaran produk kelompok nelayan tersebut. Terakhir, pembinaan tata cara preventif dan represif dalam menghadapi konsumen. Pendampingan ini diharapkan mampu membantu penjualan nelayan tetap stabil khususnya saat low season.

References

Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 30–40.

Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4, 1–7.

Eddy, I. W. T., & Wahyuni, A. A. A. R. (2019). Revolusi Biru dan Human Security Nelayan di Kusamba Klungkung. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 19(1), 51. https://doi.org/10.24843/pjiib.2019.v19.i01.p09

Imelda, I., Kusrini, N., & Hidayat, R. (2019). Strategi Pengelolaan Perikanan Tangkap Berkelanjutan Di Wilayah Pesisir Kabupaten Kubu Raya. Marine Fisheries, 10(1), 59–69.

Januarti, I., Mulyana, A., & Yazid, M. (2018). Pendampingan Pembentukan Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 710–718. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpsriwijaya/article/download/7544/3810

Kumadji, P. A. A. S., & Yaningwati, F. (2014). Pengaruh Internet Marketing Terhadap Pembentukan Word Of Mouth Dan Efektivitas Iklan Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi pada Follower Akun Twitter Pocari Sweat di Jejaring Sosial Twitter). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 13(1), 83875.

Naim, A. (2011b). Penangkapan Dalam Komunitas Masyarakat Nelayan ( Studi Kasus Masyarakat Nelayan Di Desa Panambuang. Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan, 4(2). https://ejournal.stipwunaraha.ac.id/index.php/AGRIKAN/article/download/118/109

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102. https://investasi.unwir.ac.id/index.php/investasi/article/view/83

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145. https://doi.org/10.21107/ilkom.v10i2.2518

Parsaorantua, P. H., Pasoreh, Y., & Rondonuwu, S. A. (2017). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web e-Government di Kominfo Kota Manado). Acta Diurna, VI(3). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/17378

Prawira, E. Y., & Sukardi. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta Endy. Fokus, 9(1), 64–75. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus/article/download/1550/pdf

Samadara, S., F.Tuati, N., & Sauw, H. M. (2016). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kemitraan (Studi Kasus Nelayan Desa Sulamu Kabupaten Kupang NTT). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 4(1), 136. https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i1.1683

Shamad, M. I. (2017). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pengembangan Dakwah. Jurnal Jurnalisa, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3053

Wardana, L. K., & Wulaningrum, P. D. (2020). Pendampingan Pencatatan Keuangan Terkomputerisasi Koperasi Simpan Pinjam Ibu PKK RT 06 Dusun Sengon Karang RT 06 Argomulyo Sedayu Bantul. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 154–161. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5334

Downloads

Published

2020-11-10

How to Cite

Mandasari, I. C. S., Idawati, I. A. A., & Mahendrawati, N. L. M. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Nelayan Sumber Ayu. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 314–320. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29630