PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK PERAJIN PERAK DHARMA BATUBULAN, KABUPATEN GIANYAR

IA Cynthia Saisaria Mandasari

Abstract


Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Tiap daerah atau masyarakat mempunyai corak dan budaya masing-masing yang memperlihatkan ciri khasnya. Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia dengan berbagai macam budaya dan keseniannya. Kesenian di Provinsi Bali merupakan salah satu yang diminati oleh wisatawan khususnya kesenian dalam bidang kerajinan yaitu kerajinan perak. Kekhasan itu tak hanya pada keunikan desain dan motif tradisionalnya yang kental nuansa seni budaya Bali, perak Bali juga tak kalah populer dibandingkan perhiasan emas sebagai koleksi sekaligus sarana investasi. Salah satu kelompok perajin perak yang ada di Bali adalah kelompok perajin perak Dharma Batubulan, Kabupaten Gianyar. Kelompok ini membuat kerajinan perak bekerjasama dengan mitra yakni UC Silver. UC Silver merupakan manufaktur penjual perak, target pasarnya adalah wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun menurunnya pariwisata di Bali memiliki dampak menurunnya pengunjung dan pembeli ke UC Silver, hal ini juga berdampak pada kelompok perajin perak Dharma Batubulan karena pemesanannya juga menurun. Untuk mengatasi hal ini, maka dengan melaksanakan PKM ini diharapkan perajin perak Dharma Batubulan bisa memasarkan sendiri produk perak melalui digital marketing, sehingga tidak hanya bergantung dari pemesanan UC Silver. Permasalahan yang dihadapi kelompok nelayan ini adalah: 1) Penurunan pemesanan saat low season. 2) Bergantung pada mitra, 3) Teknik pemasaran yang masih manual. 4) Adanya perselisihan dengan konsumen.

 


Keywords


penurunan penjualan; low season; digital marketing; pendampingan

References


Azaria, P. A. 2014. Internet marketing terhadap pembentukan word of mouth dan efektivitas iklan dalam meningkatkan brand awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 13 No. 1 Agustus 2014.

Chary. (2014). Social Media Marketing-The Paradigm Shift in International Marketing IOSR. Journal of Business and Management, 16(9).

Dwifedi,Y.K., Elvira, I., Laurie, D.H., Jamie, G., Rafaele, F., Jenna, J., Varsha, J., Heiki, K.J. 2021. Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management 59.

Fadei, M. 2016. Investigating The Effect of Internet Marketing on Customer’s Decision to Purchase. International Journal of Information, Business and Management, 8 (2).

Jati, A.G. 2014. Penguatan Program Pembinaan Desa Pesisir dengan melibatkan Program Penggunaan Teknologi Tepat Guna. Laporan Pengabdian LPPM Institut Teknologi Bandung.

Mewoh, F.M., Johny, R.E.T., & Danny, D.S.M. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9. No. 1.

Oktaviani, F., & Diki, R. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Unpad Volume 3, No. 1, 2018, hlm. 1-20.

Putri, S.D., & Fitrah, D.S. 2017. Pengaruh Online Marketing Campaign #samyangchallenge Terhadap Consumer Behavior Digital Natives Pengguna Youtube Indonesia. Jurnal PRofesi Humas, 1 (2), 132-141.

Riskyawan, A.V., & Rizka, M.E. 2019. The Use Of Digital Marketing Communication Media As A Tool To Achieve Brand Awareness Of Kitchenindo Products. The International Journal of Applied Business Vol.3 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.36128

Article Metrics

Abstract view : 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.