Sosialisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Folklore di Kelurahan Sei Lekop

Authors

  • Suhardi Suhardi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang
  • Asri Lolita Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang
  • Fabio Testy Ariance Loren Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.30635

Keywords:

Sosialisasi, Nilai Kearifan Lokal, Folklore

Abstract

Pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Bintan, terhadap berbagai folklore yang ada semakin rendah. Suguhan media televisi, internet, youtube setiap hari melalui media elektronik yang dibungkus sangat menarik mengakibatkan berbagai kekayaan folklore asli miliki kita semakin terlupakan. Lama-lama bila tidak cepat diingatkan bisa-bisa berbagai bentuk folklore asli milik kita sudah tidak diingat lagi. Keberadaannya semakin sirna. Oleh sebab itu, peranan perguruan tinggi tentunya sangat diharapkan. Terutama dalam mensosialisasi-kan hasil-hasil penelitian folklore terbaru yang telah dilakukan dosen kepada masyarakat. Dengan demikian, pengetahuan dan pemahaman masyarakat berkaitan dengan folklore yang ada dapat terbarukan. Jenis kegiatan sosialisasi nilai kearifan lokal folklore masyarakat kabupaten Bintan ini termasuk jenis kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan sosial. Metode pelaksanaan yang dipilih adalah metode interaktif dan tanya jawab. Hasil kegiatan PKM yang diperoleh adalah sosialisasi nilai-nilai kearifan lokal folklore masyarakat kabupaten Bintan dapat tersampaikan sesuai tujuan kegiatan yang diharapkan. Pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap berbagai bentuk folklore yang ada beserta nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya meningkat dari sebelumnya.

Author Biography

Suhardi Suhardi, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang

Pendidikan tinggi

References

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560.

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186.

Artika, I. W. (2020). Lima Cerpen Propaganda Lekra (1950—1965). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 28(2).

Budiarto, S., Sugarto, R., & Putrianti, F. G. (2020). Dinamika psikologis penyintas Pulung Gantung di Gunung Kidul. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal Of Indigenous Psychology, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jpu112.

Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 08(2), 185–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.

Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Literasi: Indonesian Journal Of Humanities, 4(1). Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6216.

Danny. (2013). Pembentukan Karakter Anak Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Humanika, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/humanika.17.1.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176.

Hilmi, M. Z. (2015). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Perilaku Sosial Anak-Anak Remaja Di Desa Sepit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Journal of Educational Social Studies, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jess.v4i1.6867.

Indiarti, W. (2017). Nilai-Nilai Pembentuk Karakter Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Watu Dodol. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26499/jentera.v6i1.334.

Kurniawan, S. (2018). Globalisasi, Pendidikan Karakter, dan Kearifan Lokal yang Hybrid Islam pada Orang Melayu Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/jp.v12i2.4899.

Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. JURNAL BASICEDU, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678.

Lestari, Zain, Z., Rudiyono, & Irwin. (2016). Mengenal Arsitektur Lokal: Konstruksi Rumah Kayu Di Tepian Sungai Kapuas, Pontianak. Langkau Betang: Jurnal Arsitektur, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26418/lantang.v3i2.18321.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630.

Mahardika, A. (2017). Penanaman Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah. Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4264.

Martha, nia ulfa, & Andini, novita pri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992.

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Sosiologi Nusantara, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76.

Prasasti, T. I., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High SchoolHarapan Mekar-1 Medan. Bir-Le Journal, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548.

Rosmana, T. (2010). Mitos Dan Nilai Dalam Cerita Rakyat Masyarakat Lampung. Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30959/patanjala.v2i2.215.

Santoso, M. P. (2018). Menolong Praremaja Kristen Bersikap Benar Ketika Menghadapi Nabi dan Ajaran Palsu. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36421/veritas.v9i2.202.

Tanjung, S., & Ramanda, I. (2019). Semiotics Of Border (Analysis Of Batas, A Film Of Rudi Soedjarwo). Informasi, 49(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/informasi.v49i1.25396.

Wastap, J. Bin. (2017). Nilai-Nilai Pengetahuan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa Dalam Sandiwara Cirebon, Jawa Barat. MUDRA: JURNAL SENI BUDAYA, 32(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.65.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778.

Downloads

Published

2021-04-13

How to Cite

Suhardi, S., Lolita, A., & Ariance Loren, F. T. (2021). Sosialisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Folklore di Kelurahan Sei Lekop. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 72–83. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.30635