PKM Pengelolaan Usaha Kerajinan Tedung Bali

Authors

  • Riski Martini Universitas Warmadewa
  • Mita Miati Universitas Warmadewa
  • Anggita Wahyudi Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34582

Keywords:

Kerajinan Tedung

Abstract

Usaha kerajinan merupakan usaha yang dilakuakn dengan menjual berbgai hasil kerja tangan yang memiliki fungsi dan bernilai ekonomis. Industri kerajinan telah banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia, salah satunya yakni industry kerajinan tedung, di Bali. Namun pada proses pelaksnaannya para pengusaha kerajinan tedung mengalami banak kendala seperti kurangnya kemampuan dalam menyusun buku laporan keuangan, kurangnya jangkauan pemasaran, serta desain tedung yang terkesan menoton. Tujuan dari pelaksanaan pengadian ini adalah untuk membantu mitra yaitu Toko Sri Merta Yasa untuk mengatasi permasalah yang dihadapi. Proses pelaksanaan program dilakukan dengan melaksanakan 3 program kegiatan pengabdian diantaranya adalah Melakukan pendampingan dan membantu dalam pembuatan pembukuan dan laporan keuangan, Membuatkan website dan sosial media serta Melakukan pendampingan dan mebantu dalam pengembangan desain produk. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa mitra sangat antusias dalam mengikuti pelatihan serta adanya peningkatan kemampuan mitra dalam mengelola keuangan. Selain itu dengan adanya kegiatan pelatihan jankauan usaha mitra menjadi lebih luas sehingga terjadi peningkatan jumlah pesanan produk. Mitra berharap agar kegiatan pengabdian ini dapat dilksanakan secara berkelanjutan karena dapat memberikan pengaruh positif bagi kemajuan usaha.

 

References

Amrita, N. D. A., & Handayani, M. M. (2021). Tedung Bali Craft Business Development: SWOT Analysis and Marketing Strategy. International Journal of Social Science and Business., 5(1), 1–7. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/article/view/28570/ 17983.

Andriyani, A. A. I. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1–16. https://core.ac.uk/download/ pdf/205956099.pdf.

Ansah, A. (2017). Pengaruh Desain Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Original Pada Pelanggan Sport Station Solo. Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 178–189. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v 1i2.2211.

Artaya, I. P., Kamisutara, M., & Baktiono, R. A. (2018). Pengaruh Citra Produk Berdasarkan Analisis Persepsi Konsumen pada Kelompok Usaha Aneka Pangan Kota Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.32666/tatasejuta.v4i1.28.

Darnis, F., & Azdy, R. A. (2019). Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi ( e-Commerce ) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 275–278. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30700/ sm.v1i1.584.

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://journal.ikopin.ac.id/index. php/coopetition/article/view/25.

Hardiyanto, A., Soejanto, I., & Berlianty, I. (2018). Analisis strategi pembangunan desa wisata di https://doi.org/10.31315/opsi.v11i1.2193.

Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Kons, 10(1), 39. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324.

Irawan, Y. (2019). Aplikasi E-Commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research, 7(1). http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/95.

Kusumawijaya, I. (2017). PKM Perajin Tedung Desa Mengwi Di Kabupaten Badung, Bali. Prosiding TIM. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/team.vol2.2017.224.

Murti, K. A. H., & Murwandani, N. G. (2018). Kerajinan anyam bambu di sanggar hamid jaya desa gintangan kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi. Jurnal Seni Rupa, 6(1), 634–644. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/22432/20568.

Nugraeni. (2020). Pelatihan Pembukuan Kelompok Wanita Tani (Kwt) Karya Bunda. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/ dinamisia.v4i1.3747.

Nuriarta, I. W., & Bratanatyam, I. B. W. (2018). Nilai-Nilai Tradisi dan Modernitas Pada Karya Nyoman Gunarsa. Jurnal Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/sw.v6i2.551.

Purwanti, E. (2017). Analisis Pengetahuan Laporan Keuangan Pada Umkm Industri Konveksi Di Salatiga. Jurnal of Economic and Bisnis, 10(2). https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama /article/view/152/142.

Puspitasari, S. M., Ursila, J., Rahman, R. A., Solekha, S., Nisa, W., & Mikro, U. (2021). Pendampingan Pembukuan Sederhana bagi UMKM di Fajar Bakery. Journal Economy and Bussiness, 1(1), 1–7. http://ojs.stie-assholeh.ac.id/index.php/ECOBUS/article/view/106/77.

Sari, N. (2019). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kerajinan Tradisional Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(2), 138–148. https://doi.org/https://doi.org/10.22437 /jmk.v7i2.5462.

Setiawan, T., Indraningtyas, L., & Fadhallah, E. G. (2020). Pentingnya Pembukuan Laporan Keuangan pada Usaha Mikro dan Menengah serta Pengembangan Ekonomi Kreatif Potensi Sumber Daya Alam di Pekon Sumber Alam Kecamatan Air Hitam. Jurnal Sinergi, 1(November), 29–33. https://sinergi.lppm.unila.ac.id/index.php/jsi/article/view/5.

Solikah, M., Astuti, P., & Paramitha, A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Wirausahawan Terhadap Pentingnya Pembukuan Dan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi & Ekonomi, 2(1), 12–21. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akuntansi/ article/view/602.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manjemen, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21982.

Sudiatmika, A. . I., Sadia, I., & Supir, I. (2017). Komodifikasi tedung upacara menjadi lampu hias. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyaraka, 416–422. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/download/1104/831.

Downloads

Published

2021-07-03

How to Cite

Martini, R., Miati, M., & Wahyudi, A. (2021). PKM Pengelolaan Usaha Kerajinan Tedung Bali. International Journal of Community Service Learning, 5(2), 121–128. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i2.34582

Issue

Section

Articles