ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL BAGI ANAK JALANAN DI KLINIK JALANAN SAMARINDA

Mustangin Mustangin, Muhammad Fauzan Akbar, Wahyu Novita Sari

Abstract


Pendidikan nonformal merupakan pendidikan berbasis kebutuhan dan disesuaikan dengan karakteristik anak jalanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan nonformal bagi anak jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan data lebih spesifik dan lebih mendalam mengenai pendidikan nonformal Bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda serta mendeskripsikan secara lebih detail dan rinci hasil analisis pendidikan nonformal Bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Teknik Penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan Teknik Wawancara, Observasi dan Studi Dokumen dengan teknik analisis datanya adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Proses pendidikan untuk anak jalanan yang dilaksanakan oleh Klinik Jalanan bertempat di sekitar anak jalanan karena pendidikan nonformal bersifat fleksibel sesuai dengan kondisi dari anak jalanan itu sendiri dan disesuaikan dengan kontrak belajar yang telah disepakati karena anak jalanan sendiri memiliki kesibukan sehingga fasilitator dari Klinik Jalanan Samarinda untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi anak jalanan. Evaluasi oleh fasilitator sebagai tenaga pengajar anak jalanan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pendidikan nonformal dan bahan masukan untuk pengembangan program.


Keywords


Anak Jalanan; Evaluasi Pendidikan; Pelaksanaan Pendidikan; Pendidikan Nonformal

References


Dahama , O.P & Bhatnagar, O.P. (1980). Education and Communication for Development. New Delhi: Oxford & IBH Publishing CO

Diaz, J., Chaudhary, A. K., Jayaratne, K. S. U., & Assan, E. (2020). Expanding evaluator competency research: Exploring competencies for program evaluation using the context of non-formal education. Evaluation and Program Planning. 79

Divayana, D.G.H & Sugiharni, G.A.D. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 5 (2). Hal. 158-165

Ernawati & Mulyono, S.E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education. Vol. 3 (1). Hal. 60-71

Hidayat, M.A., Anwar, A., & Hidayah, N. (2017). Pendidikan Non Formaldalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan. Dudeena. Vol. 1 (1). Hal. 31-42

Jamiludin., Darnawati., Uke, W.A.S., &Irawaty (2018). Street Children’s Problem in Getting Education: Economic and Parental Factors. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 9 (1). Hal. 103-108

Kurashita, Y., & Takami, K. (2019). User-oriented cache deletion algorithm in a delayed update-tolerant web cache server for supporting a non-formal education. Procedia Computer Science. 160. Hal. 61–69.

Lazwardi, D. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 7 (2). Hal. 142-156

Meisal, U. dkk. (2014). Perbandingan Kemampuan Calistung Siswa Kelas II SDN 79 Pekanbaru dengan Penerapan Pendekatan Tematik Saintifik. Primary Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3 (2). Hal. 57-65

Muslim, A.Q & Suci, I.G.S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5 (2). Hal. 159-168

Purwanti, I., & Widiastuti, I. (2015). Creative Empowerment in Non-formal Education Institution. Case Study: Education System in Rumah Musik Harry Roesli (RMHR). Procedia - Social and Behavioral Sciences. 184. Hal. 63–70

Purwoko, T. (2013). Analisis Faktor-Faktor Penyebab KeberaJalanan Di Kota Balikpapan. eJournal Sosiologi. Vol. 1(4). Hal. 13-25

Rochatun, I., Suprayogi, & Sigalingging, H. (2012). Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengemis Di Kawasan Simpang Lima Semarang. Unnes Civic Education Journal. Vol. 1 (1). Hal. 22-29

Rochimah, N.A. (2016). Pengelolaan Layanan Pembelajaran Anak Jalanan Di Lembaga PPAP Seroja Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 26 (1). Hal. 44-49

Safitri, D.N. (2017). Pendidikan Nonformal Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kemandirian Siswa Di Desa Kunci. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 1 (1). Hal. 1-5

Sudjana, D. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Yuniarti, N. (2012). Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen dan Pengemis di Terminal Tidar oleh Keluarga. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture. Vol. 4 (2). Hal. 210-217




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38821

Article Metrics

Abstract view : 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



International Journal of Comunnity Service Learning is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.aditra@undiksha.ac.id



International Journal of Comunnity Service Learning indexed by:

   Crossref              OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.