Strategi Bertahan Hidup Mahasiswa Universitas Mulawarman dalam Periode Lockdown Pandemi Covid-19

Authors

  • Aisyah Trees Sandy Mulawarman University
  • Mustangin Mustangin Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Universitas Mulawarman
  • Muhammad Fauzan Akbar Universitas Mulawarman
  • Maimunah Maimunah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41061

Keywords:

Strategi, Bertahan Hidup, Mahasiswa, Lockdown, Covid-19

Abstract

Proses pembelajaran daring juga menghadapi berbagai tantangan, dari segi mahasiswa, dosen, dan sistem yang dibangun oleh universitas. Kebijakan pembelajaran daring juga memengaruhi berbagai fenomena yang harus dihadapi oleh mahasiswa, khususnya kondisi materil maupun nonmateril bagi mahasiswa. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang berkenaan dengan strategi bertahan hidup mahasiswa Universitas Mulawarman dalam periodelLockdown pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertahan hidup mahasiswa Universitas Mulawarman dalam periode lockdown pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Unmul. Metode pengambilan sampel informan dengan menggunakan purposive sampling dalam menentukan kelompok (13 fakultas) dan selanjutnya menggunakan snowball sampling untuk menentukan informan individu.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, telaah pustaka, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan tiga strategi untuk tetap bertahan hidup yaitu strategi aktif, strategi pasif, dan strategi jaringan. Strategi aktif yang dilakukan yaitu mahasiswa mendapatkan sumber keuangan dari orang tua yang kondisi keuangannya belum membaik setelah diberlakukan new normal. Strategi pasif mahasiswa yaitu berusaha untuk meminimalkan pengeluaran setiap bulan dengan cara mengurangi pengeluaran dan menetapkan skala prioritas. Strategi jaringan yang dilakukan adalah mahasiswa mengikuti program social dari pemerintah untuk menunjang kebutuhan hidup.

References

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–149. https://www.researchgate.net/profile/Funsu-Andiarna/publication/347817902_Pengaruh_Pembelajaran_Daring_terhadap_Stres_Akademik_Mahasiswa_Selama_Pandemi_Covid-19/links/5ff0889e92851c13fedff51a/Pengaruh-Pembelajaran-Daring-terhadap-Stres-Akademik-Mahasiswa-Selama-Pandemi-Covid-19.pdf.

Andiyanto, T. (2021). Pendidikan di Masa Covid-19. RAIH ASA SUKSES.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Damsar, I. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Kencana.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., & Warella, S. Y. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan dan Peluang Pembelajaran dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open for Knowledge Sharing) pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24–28.

Humaira, W. (2021). Kecemasan dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 16(3), 565–570. https://doi.org/10.36911/pannmed.v16i3.1194.

Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Rosyidah, A. N. K., & Khair, B. N. (2021). Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru di Jenjang Perguruan Tinggi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1). https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i1.5842.

NIM, M. N. (2016). Fenomena Remaja Berprofesi sebagai Pedagang Asongan di Pelabuhan Suka Bangun Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang. SOCIOLOGIQUE, Jurnal Sosiologi, 3(4). http://jurmafis.untan.ac.id/index.php/sociologique/article/view/851.

Novianti, D., Mustika, I. W., & Eka, L. H. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan Akuntansi, Umur Usaha, dan Skala Usaha Pelaku UMKM terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi di Kecamatan Purwokerto Utara. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 20(3). https://doi.org/10.32424/jeba.v20i3.1098.

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 1–13. https://www.researchgate.net/profile/Andi-Prastowo/publication/322571926_Pemenuhan_Kebutuhan_Psikologis_Peserta_Didik_Sdmi_Melalui_Pembelajaran_Tematik-Terpadu/links/5ab081720f7e9b4897c1dfee/Pemenuhan-Kebutuhan-Psikologis-Peserta-Didik-SD-MI-Melalui-Pembelajaran-Tematik-Terpadu.pdf.

Priliandani, N. M. I., Pradnyanitasari, P. D., & Saputra, K. A. K. (2020). Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(1), 67–73. https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i1.1608.

Putri, M. B., & Buchori, I. (2015). Pengaruh Pembangunan Jalan Lingkar Selatan Salatiga terhadap Perubahan Karakteristik Sosial Ekonomi Penduduk di Sekitarnya. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 11(2), 222–241. https://doi.org/10.14710/pwk.v11i2.10850.

Rahman, Y. A. (2021). Manajemen Komunikasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Pesantren Era Belajar Merdeka. Unisma Press.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar melalui Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi pada Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64. https://scholar.archive.org/work/asv244wicbbifmcgkfdm776vzu/access/wayback/http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/download/373/364.

Subianto, T. (2007). Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165–182. http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/205/.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhendi, H., & Wahyu, R. (2001). Pengantar Studi Sosiologi Keluarga. Pustaka Setia.

Syafruddin, S., & Ali, I. (2021). Safety Performance Feedback dan Risk Taking Personality terhadap Kepatuhan Perawat Mencuci Tangan dan Memakai APD pada New normal COVID-19. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(2), 485–492. https://pesquisa.bvsalud.org/global-literature-on-novel-coronavirus-2019-ncov/resource/pt/covidwho-1552939.

Utomo, K. B. (2020). The Drawing is Important for Your Child’s Development. Universal Journal, 1(3), 10–10. https://uipmcenter.net/ojs/index.php/Journal/article/view/33

Wang Z, Q. W. (2020). A Handbook of 2019-nCoV Pneumonia Control and Prevention (H. S. and T. Press (ed.)).

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 48. https://scholar.archive.org/work/flnw2pzr6bfsjikg4t7clt3ise/access/wayback/http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/28256/pdf.

Widiara, I. K. (2018). Blended Learning sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 50–56. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/Purwadita/article/download/87/80.

Winangun, I. M. A. (2020). Perspektif Mahasiswa terhadap Pengelolaan Pembelajaran Online di masa Pandemi Covid-19. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 19–27. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/69.

Yanti, B., Priyanto, H., & Zulfikar, T. (2020). Sosialisasi Waspada Infeksi Corona Virus pada Lansia di Panti Jompo Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang, Dinas Sosial Aceh. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 67–72. https://core.ac.uk/download/pdf/322504409.pdf.

Yulianti, N., & Rahayu, S. H. (2020). Prilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masa Adaptasi Baru di SMP N 60 Jakarta Pusat. Call For Paper Seminar Nasional Kebidanan, 67–78. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/semnasbidan/article/view/646.

Yusrita, A. (2019). Strategi Bertahan Hidup Tukang Becak di Kota Makassar. Jurnal Commercium: Kajian Masyarakat Kontemporer, 2(2). http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jurnalcommercium/article/view/1434.

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Sandy, A. T., Mustangin, M., Rahayu, V. P. ., Akbar, M. F. ., & Maimunah, M. (2022). Strategi Bertahan Hidup Mahasiswa Universitas Mulawarman dalam Periode Lockdown Pandemi Covid-19 . International Journal of Community Service Learning, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i1.41061