Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Terintegrasi dalam Pembelajaran bagi Guru SD di Desa Ambengan

Authors

  • I Gede Astawan [SCOPUS ID: 57216220700] Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40921

Keywords:

Model Pembelajaran, Penguatan Pendidikan Karakter, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Desa Ambengan adalah salah satu desa di Bali yang letaknya di daerah perbukitan memiliki udara yang sangat sejuk serta pemandangan alam yang indah dan alami yang menjadi daya tarik wisatawan asing dan lokal datang menikmati keindahan desa. Dalam bidang pendidikan, di desa Ambengan terdapat 3 sekolah dasar. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada sekolah di desa Ambengan hanya diimplementasikan melalui kegiatan nonmengajar. Faktor utama PPK hanya diimplementasikan melalui kegiatan nonmengajar karena  guru belum memiliki kesiapan untuk mengintegrasikan PPK dalam pembelajaran. Maka dari itu, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan melatih guru di SD Negeri di Desa Ambengan tentang pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan dengan metode workshop dan pendampingan yang diikuti oleh 20 orang guru SD dan kepala satuan pendidikan di  SD Negeri 2 Ambengan. Data dikumpulkan dengan metode angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa guru mampu memahami dengan baik konsep PPK dan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan mengintegrasikan PPK. Harapannya, pelatihan pengintegrasian PPK dalam pembelajaran bagi guru SD dapat dilaksanakan secara berkelanjutan guna menunjang pembelajaran yang bermanfaat.

Author Biography

I Gede Astawan, [SCOPUS ID: 57216220700] Universitas Pendidikan Ganesha

https://scholar.google.com/citations?user=5MsOEjoAAAAJ&hl=id&oi=ao

References

Adeyemi, M. B., Moumakwa, T. ., & Adeyemi, D. . (2009). Teaching Character Education Across the Curriculum and The Role of Stakeholders at The Junior Secondary Level in Botswana. Stud Home Comm Sci, 3(2), 97–105. https://doi.org/10.1080/09737189.2009.11885283.

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/4509.

Aini, S. Q., & Syamwil, F. (2020). Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa melalui Keteladanan Guru di Sekolah. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(2), 149–156. https://lp3m.unuja.ac.id/unduh_jurnal/389/42 Siti Qurratul Aini.pdf.

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925. https://lp3m.unuja.ac.id/unduh_jurnal/389/42 Siti Qurratul Aini.pdf.

Artawan, K. N., & Ardiawan, I. K. N. (2018). Pembelajaranquantum Teaching Berbasis Tri Kaya Parisudha. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–212. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/100.

Artini, N. P. Y., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisuda. Mimbar PGSD Undiksha, 4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/8623.

Astawan, I. G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD Bermuatan Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Menanamkan Nilai Karakter. Universitas Pendidikan Ganesha.

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/522.

Benninga, J., Berkowitz., M. W., Kuehn, P., & Smith, K. (2013). The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement in Elementary School. Journal of Research in Character Education, 1(1), 19–32.

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi Modul Pembelajaran: Materi dan Desain Tematik Berbasis PPK. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206–212. https://pdfs.semanticscholar.org/809d/caaa14cdd74c4b19626bba146dde1335089c.pdf.

Çubukçu, Z. (2012). The Effect of Hidden Curriculum on Character Education Process of Primary School Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 12(2), 1526–1534. https://eric.ed.gov/?id=EJ987859.

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models of Teaching (9th ed.). Pustaka Pelajar.

Khotimah, D. N. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5s di Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/321.

La ode Onde, M., Aswat, H., Fitriani, B., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ERA 4.0 pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 268–279. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/321.

Law, A. M., & Kelton, W. D. (1991). Simulating Modelling and Analysis. Mc. Graw Hill, Inc.

Mahardika, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 11(1). https://doi.org/10.17509/jpgsd.v2i1.13238.

Mahmudah, M. (2018). Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(1), 53–70. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1696.

Minsih, M. (2018). Peningkatan Kualitas Profesionalisme Guru dengan Pelatihan Model Model Pembelajaran. Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas, 5(1), 20–27. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6144.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/142.

Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/4050.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/36.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, 7, 1–100. https://scholar.archive.org/work/hmjfac53dzexjhpkk5igi3lkxy/access/wayback/https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/4440/pdf.

Sari, L., & Firman, F. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 270–279. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/64.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29–33. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/1236.

Suyono, & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. http://ejurnal.stkipdamsel.ac.id/index.php/scl/article/view/12.

Tristanti, L. Y., Ibrahim, M., Hidayat, T., & Akhwani, A. (2021). Pembelajaran Karakter Terintegrasi IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3373–3377. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1351.

Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 135–141. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17758.

Yang, M. Y., Manlai, Y., & Chen, F. C. (2005). Competences and Qualification for Industrial Design Jobs: Implication for Design Praktice, Education, and Student Career Guidance. Elservier Ltd.

Yuliati, S. R., & Lestari, I. (2018). Pelatihan Model-model Pembelajaran Inovatif bagi Guru-guru SD di Wilayah Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar(JPSD), 1(1), 1–7. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpsd/article/view/9267.

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1–24. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/125.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Astawan, I. G., Adnyani, N. K. E. K., Asril, N. M., & Tirtayani, L. A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Terintegrasi dalam Pembelajaran bagi Guru SD di Desa Ambengan. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 297–303. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40921