Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.53273

Keywords:

Artikel ilmiah, Kemampuan menulis, Pelatihan, Pendampingan

Abstract

Rendahnya kualitas penulisan artikel ilmiah mahasiswa serta tuntutan penulisan artikel sebagai syaarat yudisium menuntut solusi yang terbaik untuk mengatasi maslah tersebut. Sehingga perlu dilakukan sebuah pengabdian yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan menulis artikel mahasiswa melalui pelatihan dan pendampingan. Pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD Musamus untuk menulis artikel ilmiah. Jumlah peserta pengabdian ini sebanyak 30 orang, dimana mahasiswa ini adalah mahasiswa yang sudah selesai penelitian. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan dengan teknik ceramah, diskusi dan praktik sedangkan pendampingan dilakukan dengan teknik klinik artikel mahasiswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Pelatihan dan pendampingan berdampak positif terhadap  kemampuan mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah. Hal ini dapat dilihat peningkatan pengetahuan mahasiswa sebelum dan sesudah kegiatan serta hasil dari kegiatan ini adalah artikel mahasiswa yang siap untuk disubmid dijurnal untuk dipublish. Sehingga dapat direkomendasikan adalah kegiatan yang dilakukan ini bisa berlanjut dan dijadikan sebuah kegiatan rutin untuk meningkatkan kualitas tulisan mahasiswa.

References

Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah, D. (2014). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas, 1(1), 41–53.

Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70. DOI: https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70

Alwi, M., Burhan, Basmi, S, A., & Risnashari. (2020). Training and Assistance in Scientific Writing For Teacher of SMPN Minasa Tene in Pangkep Regency. Khazanah Pengabdian, 02(1), 45–54.

Amaliyah, A. (2019). Program Kemitraan Masyarakat : Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, 1(30).

Anwar, R. N., Handayani, E. N., Quintania, M., & Nova, F. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Mahasiswa di Era Pandemi. Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 1–7.

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17. https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412. DOI: https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://doi.org/10.17977/jip.v14i2.24.

Evita, D., Mursyid, A., & Siswati, T. (2016). Pelatihan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader puskesmas dalam penerapan standar pemantauan pertumbuhan balita di Kota Bitung. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 1(1), 15. https://doi.org/10.21927/ijnd.2013.1(1).15-21. DOI: https://doi.org/10.21927/ijnd.2013.1(1).15-21

Graham, S. (2019). Changing How Writing is Taught. Review of Research in Education, 43(1), 277–303. https://doi.org/10.3102/0091732X18821125. DOI: https://doi.org/10.3102/0091732X18821125

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama. Abdimas Pedagogi, 1(2), 128–135.

Hadis, H. A. H. S., & Manvender, K. S. S. G. (2016). The effect of reading on improving the writing of EFL students. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 23(4), 1115–1138.

Hakim, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo). Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 107–118. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.18

Halimah, S., Wanto, H., & Mahmu’ddin, M. (2018). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Kecerdasan Emosional. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14(1), 53. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.870. DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.870

Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 44–51. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5

Herlina, S., Winarti, W., & Wahyudi, C. T. (2019). Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader kesehatan melalui pelatihan bantuan hidup dasar. Riau Journal of Empowerment, 1(2), 85–90. https://doi.org/10.31258/raje.1.2.11. DOI: https://doi.org/10.31258/raje.1.2.11

Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279. DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v1i1.7639

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694

Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.

Karim, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Map Pada Pelatihan Pengembangan Penguasaan Materi Pembelajaran. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098. DOI: https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3098

Kartini, A., Nugraheni, S. A., & Sarman. (2020). Pengaruh Pendampingan Gizi dengan Booklet terhadap Pengetahuan dan Praktik PSG Balita (Studi Ibu Kepala Dusun di Wilayah Kabupaten Gorontalo). Jurnal Kesehatan, 7(2), 353–360. https://doi.org/10.25047/j-kes.v8i2.143. DOI: https://doi.org/10.25047/j-kes.v8i2.143

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208. DOI: https://doi.org/10.21009/AKSIS.010208

Kuswandari, A. H., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410

Lubis, M. S. L. A. R. I. S. (2019). Kesulitan-Kesulitan Yang Dihadapi Oleh Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia Ipts Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah ( Kti ). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 7(3), 193–199. https://doi.org/10.37081/ed.v7i3.1228.

Marwa, & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang , Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256 Pelatihan. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202051.256

Mawardi, M., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian Sikap bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 974–982. https://doi.org/10.30653/002.202054.466. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202054.466

Nagari, M. F., & Nugraha, V. (2020). Analisis kemampuan menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(5), 747–754.

Ningsih, S. C., & Aviory, K. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD. International Journal of Community Service Learning., 4(2), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.19439. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.19439

Poerwanti, J. I. S., & Winarni, R. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Merancang Instrumen Assessment for Learning Berbasis Portofolio Pada Guru-Guru Sekolah. Jurnal Widya Laksana, 10(1), 44. https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423. DOI: https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423

Puji Hastuti, K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Geografi Melalui Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2642. DOI: https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2642

Risnah, R., Rosmah, R., Mustamin, M., & Sofingi, I. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan Tentang Gizi Buruk Dan Interprofessional Collaboration Petugas Puskesmas. Jurnal Kesehatan, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v11i1.5030. DOI: https://doi.org/10.24252/kesehatan.v11i1.5030

Ruspandi. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penginputan Penilaian E-Raport Melalui Pelatihan Tik Di Smp Negeri 1 Kertasari. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 167–177. https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.39. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.39

Salamah, U., Wiharto, W., Suryani, E., & Prakisya, N. P. (2022). Pendampingan Pembuatan Karya Ilmiah dalam Rangka Peningkatan Profesionalitas Guru di SMK Negeri 1 Gantiwarno Klaten. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 85. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.56008. DOI: https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.56008

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 142–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157

Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. Jabn, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.91. DOI: https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.91

Sumanto, M. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Seni Keterampilan Bagi Guru-Guru Tk Di Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal KARINOV, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.17977/um045v1i2p%25p.

Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 54–62. DOI: https://doi.org/10.17977/um032v1i12018p040

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Tambaip, B., & Rediani, N. N. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Melalui Pelatihan dan Pendampingan. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 448–457. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.53273