Mengembangkan Kemampuan Mengajar Literasi Baca tulis Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i2.79872

Keywords:

Guru, Kemampuan Mengajar, Literasi Baca Tulis

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi baca tulis anak sekolah dasar disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru berkaiatan dengan pembelajaran menyenangkan. Dengan alasan inilah pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar literasi baca tulis bagi guru merupakan upaya yang sangat positif.  Sasaran dari kegiatan ini adalah para guru yang berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut, 20 orang merupakan guru berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan 15 orang adalah guru kontrak. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan dengan teknik ceramah, diskusi dan praktik sedangkan pendampingan dilakukan dengan teknik klinik RPP. Hasil Buktinya menunjukkan terlihat adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajar literasi baca tulis dengan cara yang lebih menyenangkan. Para guru mulai menguasai metode inovatif dalam pengajaran. Oleh karena itu, direkomendasikan agar kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilanjutkan dan dijadikan sebagai kegiatan rutin. Dengan ditetapkannya program rutin, diharapkan kualitas mengajar guru akan terus meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Program ini tidak hanya membantu guru dalam jangka pendek, tetapi juga memberikan keterampilan mereka yang berguna untuk pengembangan profesional jangka panjang.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Rediani, N. N., & Kaize, B. R. . (2024). Mengembangkan Kemampuan Mengajar Literasi Baca tulis Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan . International Journal of Community Service Learning, 8(2), 167–175. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i2.79872

Issue

Section

Articles