Pendampingan Penulisan Buku Antologi Bersumber Best Practices Pembelajaran Bagi Guru

Authors

  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-7189-9354
  • Sunarni Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Asep Sunandar Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Desi Eri Kusumaningrum Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Hasan Argadinata Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i1.70329

Keywords:

Pendampingan, Buku Antologi, Best Practices, Pembelajaran

Abstract

Kemampuan menulis buku antologi di kalangan guru Sekolah Dasar mencapai rata-rata hanya sekitar 20%, menggambarkan ketimpangan yang signifikan dengan program literasi-numerasi saat ini. Untuk mengatasi ketimpangan ini, pengabdian kepada masyarakat telah dirancang dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis para guru melalui penerapan model In-On-In, yang terintegrasi dengan pendekatan tanya jawab, sharing experience, dan workshop. Penilaian penguasaan materi peserta dilakukan melalui pre dan post test. Pre dan post test digunakan untuk menilai penguasaan materi peserta dengan hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta. Meskipun variasi terlihat dari deviasi standar yang meningkat, korelasi yang rendah antara pre-test dan post-test, serta ketiadaan signifikansi, menandakan dampak yang bervariasi pada peserta. Namun, secara statistik, pelatihan berhasil secara konsisten meningkatkan kemampuan peserta. Implikasinya adalah perlunya dukungan berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan menulis bagi guru Sekolah Dasar, dengan fokus pada model pelatihan yang terbukti efektif dan penggunaan metode yang menggugah interaksi dan keterlibatan peserta. Konsekuensinya, mendesak untuk memperoleh dukungan kontinyu dalam pembinaan keterampilan menulis guru Sekolah Dasar, mengutamakan penerapan model pelatihan yang terbukti efektif serta mendorong penggunaan metode yang merangsang interaksi dan keterlibatan peserta secara maksimal. Kesimpulannya, pengabdian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis guru, menekankan pentingnya upaya berkelanjutan dalam meningkatkan literasi guru guna mendukung efektivitas pembelajaran.

References

Anggriani, D. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Buku Antologi Cerpen Gadis Pakarena. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i2.13912. DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v1i2.13912

Ardianto, R. E., & Putra, M. (2022). Pengaruh Sistem Informasi SDM, Pelatihan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Mitra Global Kencana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 314 – 325. https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i2.16510. DOI: https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i2.16510

Arianti, R., Ningsih, A. R., Nofrita, M., Hermawan, H., Walef, S. M., & Hendrisman. (2021). Pendampingan Menulis Artikel Ilmiah Populer Bagi Mahasiswa Stkip Rokania Dan Bedah Buku Antologi Puisi. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 2(2). https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i2.74. DOI: https://doi.org/10.56313/jmnr.v2i2.74

Armanila, Harahap, H. S., Halim, A., Siahaan, H., & Maduerawae, M. (2022). Strategi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis Publikasi pada Guru SMP Medan Marelan: Studi Hukum, Manajemen, dan Psikologi. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.9

Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 53–58. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522

Azizah, A., & Setiana, L. N. (2019). Kajian Stilistika Buku Antologi Puisi Dan Aplikasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.30659/j.7.1.1-10. DOI: https://doi.org/10.30659/j.7.1.1-10

Bagus Satrio, M. N., & Hermawan, A. (2021). Pencitraan dalam Buku Antologi Puisi Mengagumi dalam Diam Siswa SMPN 43 Bandung. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(2). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.356. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i2.356

Dewi, R. R., & Titisari, K. H. (2022). Best Practice Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Menuju Guru Yang Berkompeten. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8466. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8466

Dwi Savira, A. T., & Isnaniah, S. (2022). Representasi Nilai Kenabian dalam Antologi Puisi Rumah-Mu Tumbuh di Hati Kami Karya Sosiawan Leak: Tinjauan Sastra Profetik. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.4705. DOI: https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.4705

Dzikrullah, A. A., Fauzan, A., & Asriny, N. I. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Guru (Studi Kasus di Lingkungan Mts YAPI Pakem). E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat), 11(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4163. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.4163

Fatmawati, N. E. (2020). Aspek Citraan dan Bahasa Figuratif pada Buku Antologi Puisi “Suluk Nang, Ning, Nung” Karya Handoko F. Zainsam. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(01). https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6665. DOI: https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i01.6665

Fitriah, L. (2022). Pelatihan Penulisan Buku Antologi Non-Fiksi Pengalaman Belajar Fisika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4363. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4363

Hariyadi, Thamimi, M., Ashadi Alimin, A., & Sulastri, S. (2022). Pendampingan Pembuatan Buku Antologi Puisi Siswa Di Smp Negeri 3 Sungai Kakap. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.269. DOI: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.269

Hsiang, T. P., Graham, S., & Yang, Y.-M. (2020). Teachers’ practices and beliefs about teaching writing: a comprehensive survey of grades 1 to 3 teachers. Reading and Writing, Vol. 33, pp. 2511–2548. Springer Science and Business Media LLC. https://doi.org/10.1007/s11145-020-10050-4. DOI: https://doi.org/10.1007/s11145-020-10050-4

Ilhami, D. R., Gunawan, D., & Nuriyanti, R. (2021). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Dalam Buku Antologi Cerpen Dan Puisi Anak Balon Keinginan Penyusun Korrie Layun Rampan Dan Implikasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.31980/caxra.v1i1.1176. DOI: https://doi.org/10.31980/caxra.v1i1.1176

Kansızoğlu, H. B. (2023). Investigating Turkish teachers views and practices on writing instruction in secondary schools: A mixed-methods study. Journal of Pedagogical Research. Journal of Pedagogical Research. https://doi.org/10.33902/jpr.202319728. DOI: https://doi.org/10.33902/JPR.202319728

Khaerati, Syam, S., & Syam, M. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Analisis Data Bagi Guru di SMA Negeri 5 Palopo. Madaniya, 4(1), 165–170. https://doi.org/10.53696/27214834.364.

MacFarlane, B. (2021). Foreign Language Education and Professional Learning for Teachers of Advanced Language Learners. Best Practices in Professional Learning and Teacher Preparation, pp. 109–128. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003233275-9. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003233275-9

Mackh, B. M. (2018). Writing as Instruction and Assessment. Higher Education by Design, pp. 111–129. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781351133715-6. DOI: https://doi.org/10.4324/9781351133715-6

Mardin, H., Nane, L., Demulawa, M., Hardianti, W. E., & Alwi, N. M. (2023). Peningkatan Kemampuan Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah bagi Peserta Didik dan Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Boalemo Provinsi Gorontalo. E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat), 14(1). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.11466. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i1.11466

Meriyati. (2022). Penggunaan Pendekatan Saintifik sebagai Best Practice Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.43. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.43

Ngangga Saputra, Alifiah Nurachmana, Hernika Anja Ratna Putri, Nani Sidarwati, & Selvia Sarcie. (2022). Majas Perulangan Dalam Buku Antologi Puisi Guru “Tentang Sebuah Buku Dan Rahasia Ilmu” Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Sastra Di Sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.157. DOI: https://doi.org/10.55606/mateandrau.v1i1.157

Niagara Adriatik, A., Kanzunnudin, M., & Nugraheni, L. (2022). Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin dalam Antologi Puisi Tentang Jejak yang Hilang Karya Jumari HS. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.214. DOI: https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.214

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Sagala, S., Lubis, W., & Sagala, G. H. (2019). Canonical correlation between principal leadership and school capacity. International Journal of Management in Education, 13(3). https://doi.org/10.1504/IJMIE.2019.100413. DOI: https://doi.org/10.1504/IJMIE.2019.10020120

Sari, Y. Y., Solihati, N., & Fatayan, A. (2022). Development of a Prophetic Character Education Model for Elementary School Students through the Work. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4). https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.5966. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.5966

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Tyas, E. H., & Naibaho, L. (2021). HOTS LEARNING MODEL IMPROVES THE QUALITY OF EDUCATION. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 9(1). https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v9.i1.2021.3100. DOI: https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v9.i1.2021.3100

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wahyuningsih, I. (2022). Best Practice Pembelajaran Writing Yang Menyenangkan Dengan E-Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sman I Bodeh. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(3). https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1545. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v2i3.1545

Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok. (2021). Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.861

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Sumarsono, R. B. ., Sunarni, Sunandar, A., Eri Kusumaningrum, D., & Argadinata, H. (2024). Pendampingan Penulisan Buku Antologi Bersumber Best Practices Pembelajaran Bagi Guru. International Journal of Community Service Learning, 8(1), 9–20. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v8i1.70329

Issue

Section

Articles