Pemanfaatan Aplikasi Simola dengan Seting Belajar Proyek untuk Meningkatkan Pengetahuan Asesmen Guru SMP

Authors

  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Bagus Ariana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Denpasar, Indonesia
  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Ardana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Asesmen, Diagnostic, Proyek, System Mobile

Abstract

Tuntutan kurikulum merdeka mewajibkan guru-guru untuk menguasai teknik asesmen yang diterapkan pada kurikulum tersebut. Asesmen diagnostik dan asesmen proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) merupakan jenis asesmen dalam kurikulum merdeka. Guru-guru belum mengetahuai secara detail mengenai konsep, penyusunan instrumen, pembuatan rubrik penilai, hingga mengukur validitas instrumen tersebut. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatan pengetahuan guru-guru tentang asesmen kuriulum merdeka khusus asesmen diagnostik dan P5. Jumlah guru yang terlibat dalam pelatihan adalah 40 orang guru. Metode pelatihan dibagi tiga yaitu mulai persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur terjadinya peningkatan pengetahuan guru-guru adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui terjadinya peningkatan pengetahuan adalah uji Wilcoxon. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa uji Wilcoxon didapatkan ada perbedaan yang signifikan pengetahuan guru-guru antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Rerata skor pengetahuan guru-guru sebelum pelatihan adalah 83.84, dan meningkat menjadi 90,25 setelah pelatihan. Ini artinya bahwa pemanfaatan aplikasi Simola dengan seting belajar berbasis proyek efektif meningkatan pengetahun guru-guru.

Published

2025-03-13

How to Cite

Desak Putu Parmiti, Ni Wayan Suniasih, Anak Agung Gede Bagus Ariana, Prabawa, D. G. A. P., & I Wayan Ardana. (2025). Pemanfaatan Aplikasi Simola dengan Seting Belajar Proyek untuk Meningkatkan Pengetahuan Asesmen Guru SMP. International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85142

Issue

Section

Articles