Meningkatkan Pengetahuan Multiple Intelligences melalui Diagnostic Multiple Intelligences System dengan Setting Belajar Proyek pada Guru SMP
Keywords:
Diagnostic, Multiple Intelligences, ProyekAbstract
Multiple intelligences masih sangat minim diukur sebagai hal yang mendasar sebelum pembelajaran dilaksanakan. Guru-guru masih kesulitan mengukur bakat dan kecerdasan tersebut karena terbatasnya alat ukur yang digunakan. Keterbatasan ini telah berdampak pada kurang optimalnya diferensiasi dalam pembelajaran. Tujuan dari pelatihan ini yaitu meningkatkan pengetahuan guru tentang multiple intelligences menggunakan diagnostic multiple intelligences system dengan setting belajar proyek. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jumlah guru yang terlibat dalam pelatihan adalah 29 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pelatihan tes pilihan ganda yang dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rerata pengetahuan awal guru adalah 65,51 meningkatkan setelah pelatihan menjadi 91,37 begitu juga uji Wilxocon diperoleh nilai sig., 0,001 lebih besar dari 0,05 yang artinya bahwa terdapat perbedaan pengetahuan multiple intelligences yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Pelatihan yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi diagnostic multiple intelligences system dengan setting belajar proyek dapat meningkatkan pengetahuan guru-guru tentang multiple intelligences. Aplikasi DMIS dapat menjadi sumber belajar guru dalam menguasai teori diagnostik dan multiple intelligences sekaligus sebagai tools untuk membuat desain pembelajaran berdiferensiasi
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Komang Sudarma, I Kadek Suartama, I Gede Bendesa Subawa, Dewa Gede Agus Putra Prabawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

International Journal of Comunnity Service Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.