Penerapan Lesson Study for Learning Community untuk Meningkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Sudarma Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Lesson Study, Learning Community, Kurikulum Merdeka, Kolaborasi Guru, Pendidikan

Abstract

Era globalisasi mendorong sistem pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi digital dan pendekatan baru yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Dalam konteks ini, Kurikulum Merdeka di Indonesia hadir untuk mendukung pengembangan kompetensi abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital. Namun, realita menunjukkan bahwa banyak guru menghadapi kendala dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dan mengelola kelas secara efektif, sehingga menghambat pencapaian tujuan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan level keberdayaan keterampilan guru dalam penggunaan teknologi pembelajaran dan manajemen kelas. Penelitian menggunakan metode campuran dengan subjek 50 guru. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Prosedur meliputi sosialisasi, pelatihan penguatan kompetensi guru, pendampingan, dan evaluasi. Analisis data kuesioner secara deskriptif menunjukkan peningkatan persepsi positif terhadap keterampilan guru, sementara uji t mengindikasikan perbedaan signifikan dalam hasil pembelajaran sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LSLC efektif dalam meningkatkan kompetensi guru, terutama dalam penggunaan teknologi dan manajemen kelas. Selain itu, LSLC mendukung kolaborasi guru, menciptakan pembelajaran yang lebih relevan, interaktif, dan inklusif. Implikasi dari penelitian ini meliputi peningkatan profesionalisme guru dan pencapaian tujuan Kurikulum Merdeka, sekaligus menawarkan model pelatihan berkelanjutan untuk mendukung implementasi kurikulum di berbagai konteks pendidikan.

Published

2025-03-13

How to Cite

Laba Jayanta, I. N., I Komang Sudarma, & I Made Citra Wibawa. (2025). Penerapan Lesson Study for Learning Community untuk Meningkatkan Kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka. International Journal of Community Service Learning, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/85226

Issue

Section

Articles