PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN

Authors

  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I. B. Eka Yoni Adnyana P Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11433

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, (2) menemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat didasarkan pada penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dibuat dalam bentuk penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus.Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I semester II diSD Negeri 4 Takmung-Klungkungtahun ajaran 2010/2011(sebanyak 23 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes tindakan.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 73,91%,hal ini menunjukan keterampilan membaca siswa masih tergolong cukup karena 27% dari jumlah siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai yang ditentukan. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 23 siswa, 19 siswa atau 82,60%dari jumlah siswa telah mencapai ketuntasan belajar, sehingga target yang ditentukan tercapai.

References

Arikunto, Suharsini. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arini, Ni Wayan, dkk. (2006). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompotensi. Singaraja. Tim Penyusun.(tidak diterbitkan).

Artika, Made Oktha. (2003). Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Kartu Kata dan Media Gambar pada Anak Kelas II Sekolah Dasar Negeri Subuk, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2003/2004.Skripsi (tidak diterbitkan).

Basir. (1998). Persiapan Membaca Menulis Permulaan. Klaten : PT. Intan Pariwara.

Bukian, Ardana. (2004). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pempatan, Menanga, Karangasem.Skripsi (tidak diterbitkan).

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Momo. (1979). Pengguanaan metode SAS Dalam Pengajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdikbud.

Nasution. (1972). Diktaktik Pengajaran Bahasadi Sekolah Dasar . Jakarta : Depdikbud.

Oka. (1983). Mengatur membaca dan penerapannya. Surabaya : Usaha Nasional

Sadiman, Arief S. (1990). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud & CV Rajawali.

Soedjono. A. (1993). Metodik Kusus Bahasa Indonesia.Bandung : Bina Aksara.

Suarni. (1996). Perkembangan Anak Sejak Dini. Tesis Singaraja : SPKN.

Suartiari, Niti. (2007). Penerapan Permainan Kartu Kata Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD No.3 Canggu-Badung.Skripsi (tidak diterbitkan).

Suendra, Nyoman. (1993). Strategi mengajar Membaca Permulan Murid-murid Kelas I Sekolah Dasar. Malang : tesis IKIP malang.

Tabrani Rusyan. (1993). Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Tampubolon, D.P. (1987). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, Djago dkk. (1990). Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta : P2LPTK PT Dekdikbud

Downloads

Published

2017-07-26

How to Cite

Sumantri, M., Sudana, D. N., & Yoni Adnyana P, I. B. E. (2017). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11433

Issue

Section

Article