PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA

Authors

  • Nyoman Murda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Diah Purwanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV Semester II tahun ajaran 2010/2011 pada SD No. 4 Penarukan setelah diterapkannya strategi pembelajaran Think Pair Share.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester II SD No. 4 Penarukan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca intensif siswa kelas IV Semester II SD No. 4 Penarukan. Data kemampuan membaca intensif siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk objektif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Pada refleksi awal, rata-rata persentase kemampuan membaca intensif siswa hanya mencapai 59,29% dengan kategori kurang, setelah siklus I rata-rata persentase kemampuan membaca intensif siswa siswa mengalami peningkatan mencapai 64,82% dengan kategori kurang dan pada akhir siklus II rata-rata hasil kemampuan membaca intensif siswa mencapai 77,14% dengan kategori cukup

References

Abimanyu, Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Agung, A. A. Gede. (2005). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

--------. (2010). “Penelitian Tindakan Kelas ( Teori dan Analisis data dalam PTK)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FIP Undiksha, Singaraja 27 September 2010.

Arini, Ni Wayan, dkk. (2006). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kopetensi. Singaraja: Undiksha.

Bahri, S. Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.

Harjasujana, A. S. dan Yeti Muyani. (1996). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibrahim, Muslimin, dkk. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Lie, Anita. (2002). Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Moedjiono dan M. Dimiyanti. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Nurkancana dan Sunartana. (1990). Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Poerwanti, Endang dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Pujawan, I Gusti Ngurah dkk. (2008). Implementasi Siklus ACE melalui Strategi Pembelajaran Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Geometri Transformasi. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Sanjaya, Wina. (2008). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudiana, Nyoman. (2007). Membaca. Malang: IKIP Malang.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (1991). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Syafi’ie, Iman. (1993). Materi Pokok Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syukri, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diretorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tarigan, Henry Guntur. (1979). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wendra, I Wayan. (2009). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha

Downloads

Published

2017-07-26

How to Cite

Murda, N., & Purwanti, P. D. (2017). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA. International Journal of Elementary Education, 1(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11434

Issue

Section

Article