PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHAREUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i1.11434Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV Semester II tahun ajaran 2010/2011 pada SD No. 4 Penarukan setelah diterapkannya strategi pembelajaran Think Pair Share.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester II SD No. 4 Penarukan Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 28 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca intensif siswa kelas IV Semester II SD No. 4 Penarukan. Data kemampuan membaca intensif siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk objektif yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa. Pada refleksi awal, rata-rata persentase kemampuan membaca intensif siswa hanya mencapai 59,29% dengan kategori kurang, setelah siklus I rata-rata persentase kemampuan membaca intensif siswa siswa mengalami peningkatan mencapai 64,82% dengan kategori kurang dan pada akhir siklus II rata-rata hasil kemampuan membaca intensif siswa mencapai 77,14% dengan kategori cukup
Referensi
Abimanyu, Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Agung, A. A. Gede. (2005). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
--------. (2010). “Penelitian Tindakan Kelas ( Teori dan Analisis data dalam PTK)”. Makalah disajikan dalam Workshop Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FIP Undiksha, Singaraja 27 September 2010.
Arini, Ni Wayan, dkk. (2006). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kopetensi. Singaraja: Undiksha.
Bahri, S. Djamarah dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tentang Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.
Harjasujana, A. S. dan Yeti Muyani. (1996). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibrahim, Muslimin, dkk. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Lie, Anita. (2002). Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.
Moedjiono dan M. Dimiyanti. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Nurkancana dan Sunartana. (1990). Evaluasi pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Poerwanti, Endang dkk. (2008). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Pujawan, I Gusti Ngurah dkk. (2008). Implementasi Siklus ACE melalui Strategi Pembelajaran Think-Pair-Share dalam Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Geometri Transformasi. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
Sanjaya, Wina. (2008). Srategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudiana, Nyoman. (2007). Membaca. Malang: IKIP Malang.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (1991). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.
Syafi’ie, Iman. (1993). Materi Pokok Bahasa Indonesia I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Syukri, M. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diretorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, Henry Guntur. (1979). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wendra, I Wayan. (2009). Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)