PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • Pande Putu Yustika Dewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • IB Surya Manuaba Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis proyek dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 126 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 3 Blahkiuh sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 2 Sangeh sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkkan hasil thitung =3,6331 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60. Oleh karena thitung 3,6331>  ttabel 2,000maka H0di tolak dan Ha diterima. Demikian  pula nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen = 82,05 > =73,73 rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar IPASiswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017.

References

Almuniar, Syamsiati & Endang Uliyanti. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Model Kooperatif Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 4, Nomor 12

Amiruddin. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tinauka. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Voume 3, Nomor 4 (hlm. 163-173)

Aziar. 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Pengawu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 265-272)

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, cv.

Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya

Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Muliyantini, N.L.Pt. & Dsk. Pt. Parmiti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 91-98)

Ngalimun,dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo

Riasi, Putu, I Gede Raga & I Made Suarjana. 2013. Penerapan Metode Group Investigation Melalui Kegiatan Keterampilan Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Bhakti Kumara Kalisada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sani, Ridwan Abddullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Pengembangan Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suarni, Ni Ketut. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta”. Volume 4, tahun 2014. Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1194 (diakses Minggu 22 Januari 2017)

Sugiyanto, Badrun Kartowagiran & Jailani. Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 19, Nomor 1 (hlm. 82-95)

Sugiyono . 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikuonto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Susanti, Ni Pt. Yusi, I Wyn. Darsana & I Kt. Ardana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Sutrini, Ni Ngh., Ni Kt. Suarni & Ndara Tanggu Renda. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Taniredja, dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, cv.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Universitas Pendidikan Ganesha. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: UNDIKSHA.

Wardana, I Wyn. Setia, Ni Md. Setuti & I Gd. Wawan Sudatha. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Wiryarta, Nyoman Saka Ni Ketut. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Penilaian ProyekBerpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus SrikandiDenpasar Timur”. Volume 2, tahun 2014. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia padahttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1949 (diakses Senin, 2 Januari 2017)

Wisnawa, I Dewa Gede Raka , Ndara Tanggu Renda & I Wayan Widiana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 6, Nomor 3

Wulandari, Andhika Ayu. 2010. Efektifitas Penggunaan Metode Group Investigation dan Brainstorming Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Laweyan Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Universitas Sebelas Maret

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Zainuddin, H. M. 2013. Implementasi Pembentukkan Karakter Bersahabat Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan. Volume 29, Nomor 1 (hlm. 69-76)

Downloads

Published

2018-01-08

How to Cite

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264–271. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957

Issue

Section

Article