PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis proyek dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 126 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 3 Blahkiuh sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 2 Sangeh sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkkan hasil thitung =3,6331 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60. Oleh karena thitung 3,6331> ttabel 2,000maka H0di tolak dan Ha diterima. Demikian pula nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen = 82,05 > =73,73 rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar IPASiswa kelas IV SD Gugus 1 Abiansemal tahun ajaran 2016/2017.References
Almuniar, Syamsiati & Endang Uliyanti. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Model Kooperatif Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 4, Nomor 12
Amiruddin. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tinauka. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Voume 3, Nomor 4 (hlm. 163-173)
Aziar. 2016. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Media CD Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD Negeri Pengawu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 265-272)
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta, cv.
Kosasih. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya
Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Muliyantini, N.L.Pt. & Dsk. Pt. Parmiti. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 91-98)
Ngalimun,dkk. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo
Riasi, Putu, I Gede Raga & I Made Suarjana. 2013. Penerapan Metode Group Investigation Melalui Kegiatan Keterampilan Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Motorik Halus Anak di TK Bhakti Kumara Kalisada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sani, Ridwan Abddullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada Media Group
Setyosari, Punaji. 2013. Metode Pengembangan Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suarni, Ni Ketut. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta”. Volume 4, tahun 2014. Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1194 (diakses Minggu 22 Januari 2017)
Sugiyanto, Badrun Kartowagiran & Jailani. Pengembangan Model Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika di SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 19, Nomor 1 (hlm. 82-95)
Sugiyono . 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikuonto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Susanti, Ni Pt. Yusi, I Wyn. Darsana & I Kt. Ardana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berdasarkan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Sutrini, Ni Ngh., Ni Kt. Suarni & Ndara Tanggu Renda. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus 7 Tianyar. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Taniredja, dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, cv.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Universitas Pendidikan Ganesha. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: UNDIKSHA.
Wardana, I Wyn. Setia, Ni Md. Setuti & I Gd. Wawan Sudatha. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus III Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
Wiryarta, Nyoman Saka Ni Ketut. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Penilaian ProyekBerpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus SrikandiDenpasar Timur”. Volume 2, tahun 2014. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia padahttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1949 (diakses Senin, 2 Januari 2017)
Wisnawa, I Dewa Gede Raka , Ndara Tanggu Renda & I Wayan Widiana. 2016. Penerapan Model Pembelajaran GI (Group Investigation) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 6, Nomor 3
Wulandari, Andhika Ayu. 2010. Efektifitas Penggunaan Metode Group Investigation dan Brainstorming Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Laweyan Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Datar ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Universitas Sebelas Maret
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Zainuddin, H. M. 2013. Implementasi Pembentukkan Karakter Bersahabat Melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan. Volume 29, Nomor 1 (hlm. 69-76)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)