Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening

Authors

  • Ni Putu Diah Fitasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika, pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika dan pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan dimediasi efikasi diri. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah 149 siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gianyar. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan analisis jalur sebagai metode analisis. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori otoriter terhadap hasil belajar matematika sebesar 25.2%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori demokratis terhadap hasil belajar matematika sebesar 26.8%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori permisif terhadap hasil belajar matematika sebesar 11.6%; 4) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 66.6%; 5) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori otoriter terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 26.3%; 6) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori demokratis terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 39.3%; 7) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua kategori permisif terhadap hasil belajar matematika melalui efikasi diri sebesar 25.2%.

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publising

Anwar, A.I. 2009. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara”. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan: Fak. Psikologi USU.

Brooks, Jane.2011. The Process of Parenting Eight Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pinsensius, Budang., dkk. 2017. Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, Vol.3, No.2.

Cahyono, Tri. 2015. Statistik Uji Normalisasi. Purwokerto:Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2017 .Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Fitriana, Sitti., dkk. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal of EST. Volume 1, Nomer 2, hal 86-101. ISSN:2460-1497.

Garcia, Fernando and Enrique Gracia. 2009. Is Always Authoritative The Optimum Parenting Style? Evidence from Spanish Families. Adolesence, Vol. 44, No. 173.

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Septiari, Bety Bea. 2012. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika

Sianipar, Chelsea Sulastry & Dian Ratna Sawitri. 2015. Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri dalam Mengampil Keputusan Karir pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Empati. Vol. 4(4), 1-7

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Ranika Cipta

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta Rajawali Pers

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Surna, I Nyoman & Olga D. Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Penerbit Erlangga

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. 2009. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013

Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

How to Cite

Diah Fitasari, N. P., Suniasih, N. W., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhdap Hasil Belajar Matematika dengan Efikasi Diri Sebagai Intervening. International Journal of Elementary Education, 3(4), 404–412. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21313

Issue

Section

Article