Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Made Citra Anggara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14407

Abstract

This research purpose to know the significant difference of the science learning outcomes between student is learned by model problem solving using environmental with student who is learned by conventional learning model fourth grade students of elementary school at Gugus Letkol Wisnu, North Denapasar sub-district. This research in an quasi experiment using Non-equivalent control group design. The population in this research are all the fourth grade students of elementary school at Gugus Letkol Wisnu, North Denpasar that formed by consisting of 340 students.. The accumulation data of science learning outcomes by test method and instrument that use is either be multiple choice objective test. Obtained data is analyzed by using t-test. Based of analyze result obtainable thitung= 6,229 > ttabei=2,000, on dk 83 level of significance 5%. So, that HO ignored and Ha acceptable means there is a significant difference competence science the learning with learning comparative type TPS aided concept maps with students learn with learning conventional. Mean of science learning outcomes result in experiment group is 84,10 and in control group is 73,20. Therefore, can be concluded that model problem solving using environmental take effect to the science learning outcomes of fourth grade students Gugus Letkol Wisnu, North Denpasar sub-district.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agustina Ayu. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 3 Pedan Klaten. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi Antropologi. Vol. 3, No. 2.

Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Ekadani Apriana, Igede Putu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas V Semester Genap Sd Di Gugus Iii Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Huda, Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESHA Press.

Isjoni,H. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Jasdilla, L. 2017. Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Jurnal Pendidikan Indonesia Undiksha. Vol. 6, No.1 April 2017.

Koyan, I Wayan. 2007. Modul Telaah Kurikulum (Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Singaraja: Jurusan Pendidikan Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Martiani, Ni Kdk. Dewi. 2014. “ Pengaruh Metode Talking Stick Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD ”.( Tidak Diterbitkan). Mimbar PGSD UNDIKSHA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor103 Tahun 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015.

Prasetyo Adi Wibowo, Dawud, Endah Tri Priyatni. 2016. Penggunaan Strategi Pq4r berbantuan Peta Konsep dalam Membaca Pemahaman Teks Cerita Pendek sesuai Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol.1 No.16 Edisi Desember.

Rahmatun Nisa, Kuswendi, Ramdhani. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Pembelajaran Matematika di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika UNP. Vol.3, No.1.

Safiun & La iru. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan,Metode,Strategi dan Model-model Pembelajaran. DIY : Multi Presindo

Sani dan Kurniasih.2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Kata Pena.

Setyosari.Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha

Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. (Tidak Diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Surayya,L 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenanda Media Group.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Usman Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Yulianti, Deviana. 2013. “Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD”. (Tidak diterbitkan). PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen.

Downloads

Published

2018-06-29

How to Cite

Anggara, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14407

Issue

Section

Article