PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • I Made Citra Anggara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Darsana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (tes objektif). Data dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 6,229 >ttabel = 2,000 (dk 83 taraf signifikansi 5%), sehingga H0 ditolak dan  Ha diterima. Rerata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen 84,10 dan kelompok kontrol 73,20. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara.

References

Agung.A.A.Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Darlin. 2015. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Hare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V SD Inpres Duyu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 257-264)

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Ekadani Apriana, Igede Putu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas V Semester Genap Sd Di Gugus Iii Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Gunawan, Hendrik, Sri Utami & Asmayani. 2016. Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Tipe Think Pair Share Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5 Nomor 12

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESHA Press.

Isjoni,H. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Kardiasih, Ayu, I Wyn Suwatra & Ni Kt. Suarni. 2013. Implementasi Strategi Tps Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1, Nomor 1

Khamid. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Think Pair Share pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Nomor 02 (hlm. 8-15)

Koyan, I Wayan. 2007. Modul Telaah Kurikulum (Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Singaraja: Jurusan Pendidikan Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Martiani, Ni Kdk. Dewi . 2014. “ Pengaruh Metode Talking Stick Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD ”.( Tidak Diterbitkan). Mimbar PGSD UNDIKSHA.

Murda, Nyoman dan Putu Diah Purwanti. 2017. Penerapan Strategi PembelajaranThink Pair ShareUntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa. International Journal of Elementary Education. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 11-18)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor103 Tahun 2014

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015

Sapitri, Nining. 2015. Penıngkatan Aktıvıtas Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatıf Tipe Think Pair Share Kelas VI SD.

Safiun & La iru. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan,Metode,Strategi dan Model-model Pembelajaran. DIY : Multi Presindo

Sani dan Kurniasih.2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Kata Pena.

Setyosari.Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha

Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. (Tidak Diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Suardipa, I Putu, I Wayan Lasmawan & Ni Ketut Suarni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Berbasis Peta Konsep Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Surayya,L 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanti, Tati, Budiman Tampubolon, Suhardi Marli. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 6 Nomor 3

Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenandaMedia Group

Tas, Sarifa Anthonius Palimbong, dan Hasdin. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Alam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Inpres Mayayap. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 12 (hlm. 115-125)

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta: Prenadamedia Group.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tristiantari, Ni Ketut Desia, A.A.I.N Marhaeni & I Wayan Koyan. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1

Usman Samatowa,2016. Pembelajaran Ipa diSekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Yulianti, Deviana.2013. “Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD”. (Tidak diterbitkan). PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen.

Downloads

Published

2018-01-08

How to Cite

Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 272–280. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958

Issue

Section

Article