PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu. Sampel penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (tes objektif). Data dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 6,229 >ttabel = 2,000 (dk 83 taraf signifikansi 5%), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Rerata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen 84,10 dan kelompok kontrol 73,20. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara.References
Agung.A.A.Gede. 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darlin. 2015. Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Think Pairs Hare Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas V SD Inpres Duyu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 7 (hlm. 257-264)
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media
Ekadani Apriana, Igede Putu. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Motivasi Belajar PKN Siswa Kelas V Semester Genap Sd Di Gugus Iii Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2014/2015”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Gunawan, Hendrik, Sri Utami & Asmayani. 2016. Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Tipe Think Pair Share Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5 Nomor 12
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESHA Press.
Isjoni,H. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Kardiasih, Ayu, I Wyn Suwatra & Ni Kt. Suarni. 2013. Implementasi Strategi Tps Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Peta Konsep Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1, Nomor 1
Khamid. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Think Pair Share pada Siswa Kelas VI SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Nomor 02 (hlm. 8-15)
Koyan, I Wayan. 2007. Modul Telaah Kurikulum (Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Singaraja: Jurusan Pendidikan Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha.
Martiani, Ni Kdk. Dewi . 2014. “ Pengaruh Metode Talking Stick Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD ”.( Tidak Diterbitkan). Mimbar PGSD UNDIKSHA.
Murda, Nyoman dan Putu Diah Purwanti. 2017. Penerapan Strategi PembelajaranThink Pair ShareUntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Siswa. International Journal of Elementary Education. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 11-18)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor103 Tahun 2014
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015
Sapitri, Nining. 2015. Penıngkatan Aktıvıtas Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatıf Tipe Think Pair Share Kelas VI SD.
Safiun & La iru. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan,Metode,Strategi dan Model-model Pembelajaran. DIY : Multi Presindo
Sani dan Kurniasih.2015.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Kata Pena.
Setyosari.Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha
Sri Arini, Ni Putu. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Desa Panji Tahun Pelajaran 2013/2014”. (Tidak Diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Suardipa, I Putu, I Wayan Lasmawan & Ni Ketut Suarni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Accelerated Learning Berbasis Peta Konsep Terhadap Motivasi Berprestasi dan Hasil Belajar IPS. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1
Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Surayya,L 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanti, Tati, Budiman Tampubolon, Suhardi Marli. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 6 Nomor 3
Susanto,Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenandaMedia Group
Tas, Sarifa Anthonius Palimbong, dan Hasdin. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share Alam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Inpres Mayayap. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Volume 4, Nomor 12 (hlm. 115-125)
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Tristiantari, Ni Ketut Desia, A.A.I.N Marhaeni & I Wayan Koyan. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1
Usman Samatowa,2016. Pembelajaran Ipa diSekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks
Yulianti, Deviana.2013. “Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Eksperimen Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD”. (Tidak diterbitkan). PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)