Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa

Ni Wyn. Dian Pratiwi, I.G.A. Agung Sri Asri, M.G. Rini Kristiantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah ex post facto (korelasional). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017, yang berjumlah 421 siswa. Sampel penelitian berjumlah 191 siswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dengan skala interval yaitu motivasi dan prestasi belajar siswa, metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Data tentang motivasi didapat melalui angket motivasi, sedangkan data tentang prestasi belajar didapat melalui pencatatan dokumen. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil yang didapat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar diperoleh rhitung = 0,151 dan rtabel 0,138 pada taraf signifikansi ( = 0,05, n = 191) maka demikian rhitung = 0,151 > rtabel = 0,138, ini berarti nilai rhitung signifikan. Maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus 1 Kuta Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A. Gede. 2016. Stastistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Antari, S R S. , K. Suma, N K. Rapi. 2015. Suasana Kelas Dalam Pembelajaran Fisika: Wahana Pengembangan Kecerdasan Emosional, Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 9, Nomor 1.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Dantes, N. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Gunadi, Chintia Leo, William Gunawan. 2014. Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat. Jurnal NOETIC Psychology Volume 4 Nomor 1.

Irham, Muhamad, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ Media.

Kandoli, Louisa Nicolina. 2011. “Motivasi Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang Di Jurusan Pkk Fakultas Teknik.” Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). Volume 2, Nomor 2 (hlm. 103). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 2 Februari 2017).

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Teknik Analisis dan Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Latipah, Eva. 2012. Pengantar Psikologi Pendidikan.Yogyakarta:Pedagogia.

Nurdin. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. II No. 2

Pranomo , Wisnu Wibowo. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. JPTM, Volume 3 Nomor 1, Hal. 114 – 120

Reid, Gavin. 2009. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strategi. Jakarta: PT. Indeks.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Tri Wibowo B.S. Educational Psichology. 2004. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Setyosari, P.A. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slavin, Robert R. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Indeks.

Sri Susandi Ulandari, Komang. 2014. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil Di Desa Buruan.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 119). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 25 Februari 2017).

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Universitas Pendidikan Ganesha. 2009. Pedoman Penulisan Skripsi Dan Tugas Akhir. Singaraja: UNDIKSHA.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyuni, Esa Nur. 2010. Motivasi dalam Pembelajaran. Malang: UIN-Malang Press.

Wijayani, Isnaini, Een Y. Haenilah, Sugiman Sugiman. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas . Jurnal Pedagogi, Vol 6, No 6.

Yulistiana. 2014. “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Pada Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.” Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). Volume 4, Nomer 2 (hlm. 160). Tersedia pada http:jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/12498 (diakses tanggal 25 Februari 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





IJEE indexed by:


 Crossref

 

Creative Commons License

IJEE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.