Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15959Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan asesmen kinerja terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V semester II di SD Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 137 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik group random sampling dengan teknik undian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 1 Penarukan yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas V SD Negeri 2 Penarukan yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan proses sains berupa soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan asesmen kinerja dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II di SD Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang dibuktikan dengan nilai thitung (5,771) > ttabel (2,015). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbatuan asesmen kinerja berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V semester II di SD Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.References
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Ekayogi, I.W., dkk. 2016. Pengaruh Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 4, Nomor 1.
Erlinawati dan H. Marhadi 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru. Primary, Volume 3, Nomor 1 (hal 9–14).
Handari, dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas 5 SMA N 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. UNS Instutional Respository.Volume 4, Nomor 1.
Kurniasih, Imas., dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Marhaeni. 2017. Asesmen Autektik dalm Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Muliyantini, Putu & Desak Putu Parmiti Penerapan. 2017. “Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 2 (2017): Mei 2017
Santyasa, I.W. 2005. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyanto, H. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pressindo.
Susanti, Yusi., dkk. 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Groupp Imvestigation Berdasarkan Keterampilan Proses terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, Volume 1, Nomor 1.
Trianto. 2010a. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2010b. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep, Landasan, dan Implementainya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Group.
Riasi, Putu & I Gede Raga, I Made Suarjana.2013. “Penerapan Metode Group Investigation Melalui Kegiatan Keterampilan Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Motorik Halus Anak Di Tk Bhakti Kumara Kalisada”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional.Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Ulfah, Arina., dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 3, Nomor 10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)