Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thingking Activity Terhadap Keterampilan Membaca

Authors

  • Lhutfika Denytasari Debyo Universitas Pendidikan Ganesha
  • D. B. Kt. N. S. Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kt. A. Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity terhadap keterampilan membaca. Penelitian ini dilaksanakan di Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Data hasil kompetensi dalam keterampilan membaca siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 6,10 dan ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,000. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterprestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi dalam keterampilan membaca antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain skor kompetensi keterampilan membaca kelompok eksperimen = 0,51 > = 0,22 rata-rata gain skor kompetensi keterampilan membaca kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Directed Reading Thinking Activity berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa kelas IV SD Negeri Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018

References

Alex, A dan H. Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anggraeni, Krisna. 2016. Efektivitas Metode Steinberg Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring. Jurnal Cakrawala PENDAS, Vol.2, No.1.

Budi, Rahman dan Haryanto. 2013. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, Vol.2, No.2.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. (diakses tanggal 2 Januari 2018)

Hasanudin, Cahyo. 2017. Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames APPS. Sidoarjo: UMSIDA. (diakses tanggal 18 April 2018)

Laily, Idah Faridah.2014. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Edum, Vol. 3, No.1.

Misriati, dkk. 2017. Pengaruh Srategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. (diakses tanggal 9 Maret 2018)

Nuning Budiarti, Wahyu. 2016. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasi. Vol.4, No.2.

Mulyati, Yeti, dkk. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahim, Farida. 2008. Pengejaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, Leni dkk. 2016. Penerapan Metode Think Pair Share Dengan Teknik Permainan Kata Kunci Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dalam Menemukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah, Vol.1, No.1.

Satriana, A. 2013. Meningkatkan kemampuan mengenal lambing bilangan 1 sampai 5 melalui media flashcard bagi siswa tuna grahita sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Volume 1 Nomor 2 Mei 2013

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sucitayana, I Made. 2014. Pengaruh Model DRTA Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Literal Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. (diakses pada tanggal 18 April 2018)

Sudiarti, Sri. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Arab Gundul melalui Aktifitas Membaca Intensif Berbasis Gramatikal : Studi Kasus Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab IAIN STS Jambi. Jurnal Penelitian, Vol. 7, No.1.

Sukmawati,Desi dan Isah Cahyani. 2016. Efektivitas Model Concentrated Language Encounter (CLE) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol.2, No.1.

Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa.

Utari, Nanis Dwi. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Anak Siswa Kelas Iv Sdn Brayublandong Kabupaten Mojokerto. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jember: FKIP. (diakses tanggal 2 Januari 2018)

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Debyo, L. D., Putra, D. B. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thingking Activity Terhadap Keterampilan Membaca. International Journal of Elementary Education, 2(3), 273–280. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15968

Issue

Section

Article