Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa

Authors

  • M. Desimyari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.K.A. Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B.S. Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15969

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 5 Panjer sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SDN 3 Renon sebagai kelompok kontrol. Data keterampilan menulis siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk uraian. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian adalah teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa thitung = 5,025 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (44-46) - 2 = 88 diperoleh ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,025 > ttabel = 2,000, dan rata-rata ( ) hitung, menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SDN Gugus VIII I Gusti Ketut Pudja tahun ajaran 2017/2018

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ayu Dewayani, Dian. 2016. Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajarpemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Siswatunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, Vol.8, No.1.

Darmawan, Km. Agus. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5, No. 2 (diakses tanggal 18 Januari 2018).

Elida, Nunun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Infinity Journal, Vol. 1, No.2.

Fatkasari, Dyah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV Sdn Petung Asri 3 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan” Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Surabaya, Volume 5, Nomor 3.

Hasabullah. 2008. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGafindoPersada.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Putri, Neka Amelia. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, No.3.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan&Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yoyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiarti, Ni Luh Pt. Yeni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Volume 2, Edisi Januari (diakses tanggal 18 Januari 2018).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sumarmo, Utari dkk. 2012. KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR LOGIS, KRITIS, DAN KREATIF MATEMATIK (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 17, No.1.

Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara. .

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2018-11-01

How to Cite

Desimyari, M., Putra, I., & Manuaba, I. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 281–289. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15969

Issue

Section

Article