Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan

Authors

  • Ringga Dwi Anggraini Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Picture and Picture berbantu media Flashcard terhadap keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Latar belakang yang mendorong peneliti melakukan penelitian tersebut, karena para siswa masih banyak yang belum mampu menulis karangan secara optimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pembelajaran yang efektif dan masih menggunakan metode konvensional yang cenderung membuat siswa menjadi bosan. Dilihat pada keterampilan menulis karangan siswa, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Nonquivalent Control Group Design, dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis terhadap ketrampilan menulis karangan siswa kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Semarang yang dihitung menggunakan Uji t diperoleh hasil rata – rata nilai kelas ekperimen 75,000 dengan thitung sebesar 3,086053 dan ttabel sebesar 2,000, karena thitung > ttanel yaitu 3,086053 >2,000 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hal ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture berbantu media Flashcard lebih baik daripada menggunakan model konvensional

References

Angreany, Femmy dan Syukur Saud. 2017. “Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar”. Eralingua Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 (2): 140-141. Diakses 08 Juli 2018.

Fauzi R. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII D SMPN 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi,3 (3): 72-78

Heri, M. and Ariana, P.A., 2018. Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Tpa Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. Midwinerslion Jurnal Kesehatan, 3(2), pp.221-227.

Mawardi & Sari, Desty Lusia. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria, 5 (3), 82-99.

Mantira, Zhera. 2017.”Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa” PESAGI : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. Vol. 5 No.3 Tahun 2017.

Palguna, Putu Ngurah Dwija, Ni Nyoman Garminah, Dewa Nyoman sudana. 2015. Penerapan Metode Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Beseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD, 3 (1).

Pebriana, Gede Risa, Dibia, I Ketut, & Ndara Tanggu Rendra. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 7 (1), 1-10.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prasetyo, E., Widyawati, S., Masykur, R. and Putra, F.G., 2018. Pengaruh pembelajaran picture and picture (PaP) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan spasial. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), pp.50-61.

Prihatiningsih, E. and Setyanigtyas, E.W., 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), pp.1-14

Purwoko, R., 2018. Penerapan Model Group Investigation Dengan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Tentang Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Depokrejo Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Rini, S.E.S. and Utami, S.P.T., 2018. Keefektifan Model Example Non-Example Dan Model Picture And Picture Dalam Pembelajaran Menyajikan Teks Deskripsi Menggunakan Media Gambar Bertema Objek Wisata Sejarah Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), pp.48-54.

Riyono, B. and Retnoningsih, A., 2015. Efektivitas model pembelajaran picture and picture dengan strategi inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 4(2).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Susilana & Riyana. 2007. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Tohriah, T. and Rati, N.W., 2018. Penerapan Model Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research, 2(4), pp.340-347.

Trisnanti, I.A.N.L., Tirtayani, L.A., Psi, S., Psi, M. and Putra, I.K.A., 2018. Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1).

Ulfa, S.M., Sabrun, S. and Agusfianuddin, A., 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikasiswa Kelas Viia Smpn 3 Sikur Pada Materi Pokok Pecahan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 5(1), pp.100-105.

Windura, S. 2010. Memory Champion School. Jakarta: Gramedia

Wulan, Luh Inten Cahya Wulan, Wirya Nyoman, Nyman Jampel. 2014. "Penerapan Model Pembelajaran Contoh non-Contoh Berbantu-tahun Media Papan Planel untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak di TK Pradnya Pramita Kecamatan Tabanan". E - jurnal PG - PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru PAUD, volume 2 No. 1 tahun 2014.

Downloads

Published

2019-04-10

How to Cite

Dwi Anggraini, R., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. International Journal of Elementary Education, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Issue

Section

Article