Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Kt. Agus Suartika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Kt. Ardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wyn. Wiarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tipe Word Square berbasis kearifan lokal dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur sebanyak 328 orang yang tersebar menjadi 9 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VA SDN 3 Kesiman sebagai kelompok eksperimen sebanyak 40 orang dan siswa kelas VB SDN 10 Kesiman sebagai kelompok kontrol sebanyak 42 orang yang diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dengan bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji-t(polled varians). Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tipe Word Square berbasis kearifan lokal dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Word Square berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA

References

Ardana, I Ketut. (2015). “Implementasi Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Mahasiswa Kelas E Semester II PGSD UPP II Denpasar”. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, Edisi 22, Desember 2015 (hlm. 83-102). ISSN : 1829 – 877X.

Arni Masita. 2014. Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Induktif Siswa Kelas IV SDN 6 Watuoge. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 5 Hal. 93-107. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12211. Diakses pada Tanggal 7 Maret 2018.

Fadlilah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herwandannu, Brili. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. JPGSD, Vol. 06 No. 12 halaman 2201-2210. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/. Diakses pada Tanggal 7 Maret 2018.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Muriana, Dewa Gede Alit. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2, Nomor 1 (hlm 1-10). Tersedia pada https://download.portalgaruda.org (diakses pada tanggal 7 Maret 2018).

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pindo Hutauruk, Rinci Simbolon. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal) Vol. 8 No 2 Hal. 121-129. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/. Diakses pada Tanggal 7 Maret 2018.

Putri, Awanda Devina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif dan Cara Penggunaannya Semester 2 Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri TA 2015/2016. Pedagogia Vol. 01 No. 11 Hal. 2-8. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/. Diakses pada Tanggal 7 Maret 2018.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta.

Suja, I Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Surabaya: Paramita.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Cetakan ke-3. Jakarta: Prenadamedia Group.

Udayana, Dewa Gede Alit. 2009. Tumpek Wariga Kearifan Lokal Bali Untuk Pelestarian Sumber Daya Tumbuh-tumbuhan. Surabaya: Paramita.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2003.Jakarta: Depdiknas.

Wikantiyoso. 2009. Kearifan Lokal dalam Perencanaan dan Perancangan Kota untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan. Edisi Pertama. Malang: Group Konservasi Arsitektur dan Kota Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Merdeka Malang.

Downloads

How to Cite

Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656

Issue

Section

Article