Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Pengetahuan Matematika Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar sebanyak 404 orang. Sampel penelitian ini kelas V SD Negeri 17 Padangsambian sebanyak 31 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V A SD Negeri 18 Padangsambian sebanyak 31 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan matematika kelompok yang dibelajakan menggunkan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun ajaran 2018/2019. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together dan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar tahun ajaran 2018/2019References
Agung, Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidkkan. Singaraja: STKIP Singaraja.
Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.
Anwar, Khoirudin, Tri Ari Sasongko, Sri Adi Widodo. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Hal. 790-794. Tersedia Pada: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2419/1380.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Darmadi, Hamid. 2014. MetodePemlitian Pendidikandan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran lmplementasi Kurikulum 2013. Bandung: YramaWidya.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Pers.
Kurniasih dan Sani.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Marhadi, Hendri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd SDN 184 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau | Volume 3 Nomor 2, Hal. 73-81. Tersedia Pada: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/2497.
Mulyana, Mutia Agisni, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Hal. 331-340. Tersedia Pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3039.
Musdalifa, Naella Ichdatul, Murtono, Ika Oktavianti. 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas V SDN 5 Ngembalrejo. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 1 Hal. 1-16. Tersedia Pada: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/view/444/475.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji. 2015. Metpde Pengembangan Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudijono, Anas. 2013. PengantarEvaluasiPendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajardan Pembelajaran, Jakarta :Kharisma Putra Utama.
Taniredja, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Dan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmendan Evahtasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)