Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Numbered Heads Together berbantu media Panelpa (papan flanel IPA) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 03 Sungapan Pemalang. Jenis desain yang digunakan dari pre-experimental design ini adalah one-group pretest-posttest design (satu kelompok pretes – postes). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 03 Sungapan Pemalang. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest yang sudah dilakukan. Rata-rata pretest yang diperoleh siswa sebesar 60,4 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 32. Sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 83,2 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 56. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (5,433 > 1,729) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together berbantu media Panelpa efektif terhadap hasil belajar siswa.
References
Arikunto, Suharsimi.2013.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Agisni ,Mutia (2016) Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 (2016)
Andriyani ,Dhini (2015). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Dilengkapi Catatan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Pada Materi Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Sma Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 . Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 2 Tahun 2015.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Astianti, Novi (2018). Pengaruh Media Papan Flanel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Volume V, No. 2 (2018)http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7149 Diakses pada tanggal 3 Oktober 2018 jam 08:24
Harmini ,Sri (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii G Smpn 2 Ponorogo . Jurnal Studi Sosial Volume 2 Nomor 1 Juli 2017 hal 13-21 ISSN : 2528-6293
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Dasar. Jakarta : PT.
Indeks
Mahnun ,Nunu (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) . Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012.
Mutia Agisni Mulyana, Nurdinah Hanifah, Asep Kurnia Jayadinata. 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah UPI. Vol 1 No 1
Nurkholis (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Nurseto ,Tejo (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik . Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, April 2011
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta:
Saumi, Ismi (2017). Keefektifan Model Numbered Head Together (NHT) Berbantu Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V SDN 1 Mojoagung.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sisdiknas. 2011. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siti Nuryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV Sd Negeri 3 Tondo. Jurnal Diknas. Volume 2 No 2.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung :Alfabeta.
Witari, I Gusti Ayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap hasil Belajar IPA Siswa Kela IV di SDN Gugus I Kecamatan sawan Tahun Pelalajaran 201/2017. Jurnal MImbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nmor 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)