Keefektifan Media Roda Jelajah Indonesia terhadap Hasil Belajar Materi Tematik
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18528Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya alat pendukung kegiatan pembelajaran yang membuat peserta didik pasif sehingga menimbulkan kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media roda jelajah Indonesia menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media roda jelajah Indonesia terhadap hasil belajar materi tematik siswa kelas V SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Dengan sebanyak 40 siswa. Hasil analisis statistik dengan uji-t diperoleh thitung = 2,272 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,024. Maka thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengunaan media roda jelajah Indonesia efektif terhadap hasil belajar materi tematik siswa kelas V SD Negeri Karanganyar Gunung 01 Semarang.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, Erni Ratna. 2018. Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 Hal. 44-52. Tersedia Pada : https://ojs.unm.ac.id/pembelajar/article/view/5442.
Galuh Suasari, Ananda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Roda Jelajah Indonesia Untuk IPS Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-6 Hal. 1103-1110. Tersedia Pada : http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/10358/9915.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lutvaidah, Ukti.2015. Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Jurnal Formatif Vol. 5 No. 3 Hal. 279-285. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/653.
Maimunah. 2016. Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Al-Afkar Vol. V No. 1 Hal. 1-24. Tersedia Pada : http://ejournal.fiaiunisi.ac.id/index.php/al-afkar/article/view/107/103.
Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1 Hal. 9-16. Tersedia Pada : http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/download/515/443/.
Raehang. 2014. Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 7 No. 1 Hal. 149-167. Tersedia Pada : http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249.
Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)