Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika dalam Membangun Keterampilan Berhitung

Authors

  • Anin Nafaikah FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mudzanatun Mudzanatun FIP Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Husni Wakhyudin SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika dalam membangun keterampilan berhitung siswa kelas IV semester II SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara,observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian  kegiatan ekstrakurikuler jarimatika dalam membangun keterampilan berhitung siswa kelas IV SDN Tlogosari Kulon 01 Semarang menyatakan bahwa Ekstrakurikuler jarimatika membuat siswa senang dan antusias dalam mengikutinya, sebanyak 84% siswa selalu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler jarimatika, sebenyak 56% siswa sering menggunakan jari tanpa alat bantu  sehingga  membuat siswa mampu menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri melalui berhitung cepat dan gerakan jari.  siswa tidak hanya terampil berhitung saja tetapi siswa mampu menguasai berbagai mata pelajaran dikelas.

References

Ainiyah, Nur. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo, 13(1).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Asmani, J. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Pers.

Komandoko, Gamal. 2009. Jari-jari Hitung. Yogykarta: Citra Pustaka.

Hambali, Muh., Eva Yulianti. 2018. Ekstrakurikuler Keagamaan terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Jurnal Pedagogik, Vol. 05 No. 02, Hal. 193-208. Tersedia Pada: http://repository.uin-malang.ac.id/3873/1/3873.pdf.

Joko Subagyo,p.2011.Metode Penelitian dalam Teori dan praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, Prawidya, dan Sukanti. 2016. Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler Ekstrakurikuler, Dan Hidden curriculum (di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta). Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Hal. 71-96. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/viewFile/1367/1245.

Lestari, Ria Yuni. 2016. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal UCEJ, Vol. 1 No. 2 Hal. 136-152. Tersedia Pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1887.

Moloeng J Lexy, 2005.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Umi Rahmawati, Dwi. 2014. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika di Kelas 1 B Min Tempel Ngaglik Sleman Yokyakarta. Skripsi: Universitas Islam Negeri Kalijaga.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Pasal 1 dan 2.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. No 62 tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta ,2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardar Prasetyono, Dwi dkk, 2009. Pintar jarimatika. Jogjakarta: DIVA Press.

Supriatna, Mamat. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Universitas Pendidikan Jakarta.

Sri Hardiyanti, M. Maulana, J. Julia.2017.Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan jarimatika terhadap Kemampuan Pemahaman matematis dan Keterampilan Berhitung Siswa pada materi perkalian. Jurnal: Upi Kampus Sumedang.

Tim magic math 100.2010.Magic Math 100. Jakarta: Gramedia.

Yanti Noor, dkk. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik di SMA Korpri Banjarmasin.Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Nafaikah, A., Mudzanatun, M., & Wakhyudin, H. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika dalam Membangun Keterampilan Berhitung. International Journal of Elementary Education, 3(3), 243–249. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19404

Issue

Section

Article