Efektivitas Model Problem Based Learning dan Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Sidorejo Lor 04 yang Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Asuan Asuan Universitas Kristen Satya Wacana, Jalan Diponegoro 52-60 Salatiga, Jawa Tengah
  • Mawardi Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana, Jalan Diponegoro 52-60 Salatiga, Jawa Tengah
  • Krisma Widi Wardani Universitas Kristen Satya Wacana, Jalan Diponegoro 52-60 Salatiga, Jawa Tengah

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning dan Make A Match dalam pembelajaran Tematik siswa kelas 5 SD Negeri Sidorejo lor 04 dan SD Negeri Sidorejo lor 05 ditinjau dari keterampian berpikir kritis. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 04 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Sidorejo Lor 05 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment  jenisPretest-Posttest Control Group Design merupakan jenis design yang dipilih. Sampel yang diambil adalah 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Make A Match dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal pada mata pelajaran Tematik di kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 04 dan SD Negeri Sidorejo Lor 05. Hal tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya keterampilan berpikir kritis siswa dari kelas eksperimen 74,21 (cukup kritis) daan kelas kontrol yaitu 60,82 (tidak kritis). Dari uji Ancova pada muatan Bahasa Indonesia 1,570 taraf signifikansi atau probabilitas 0,214. Oleh karena probabilitas 0,214. Oleh karena probabilitas 0,214 > 0,05, maka Ho diterima, dan Ha ditolak. Sedangkan pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam  F hitung 0,334 taraf signifikansi atau probabilitas 0,565, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya model Problem Based Learning lebih efektif secara signifikan dari pada model Make A Match ditinjau dari keterampilan berpikir kritis Tematik pada peserta didik kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 04 dan SD Negeri Sidorejo Lor 05.

References

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016).Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.

Desilawati, Amrizal. 2014. Guru Profesional Di Era Global. . JURNAL Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 20 Nomor 77 Tahun XX September 2014

Fakhriyah, F. (2014).Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Huda, M. 2015. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mawardi, M. (2014).Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 107-121

Mawardi.2018. Merancang Model dan Media Pembelajaran. Scholaria, 1 (1): 29.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245 234

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran"Berorientasi Standar Proses Pendidikan". Jakarta: Kencana

Slameto. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 2(2), 19-237.

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015

Downloads

How to Cite

Asuan, A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Make A Match dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri Sidorejo Lor 04 yang Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 275–283. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19408

Issue

Section

Article