Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia

Authors

  • Ni Luh Putu Yuni Arista Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Literasi dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah populasi 224 orang siswa dari 8 Sekolah Dasar. Cara penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini  berjumlah 64 orang siswa.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran TTW berbasis Literasi dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW berpengaruh terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia siswa kelas II SD Gugus VIII Abiansemal tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: pembelajaran TTW, Literasi, keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia

 

References

Abidin,Yunus,dkk. 2017. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains,Membaca,dan Menulis. Cetakan Pertama. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Agung,A.A.G. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung ,A.A.G. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cetakan Pertama. Singaraja : Aditya Media Publising.

Agung,A.A.G. 2013. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Agung,A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja : FIP Undiksha.

Dalman.2016. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Dantes,Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok : Rajawali Pres.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hartanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rantau Panjang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika Vol. 4 No. 1 Hal. 10-17. http://fkip.unsri.ac.id/index.php/menu/104.

Huda,Miftahul.2013.Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan I. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Iru, La dan Arihi L.S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Jogjakarta : Multi Presindo.

Koyan, I Wayan.2012.Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja:Universitas Pendidikan Ganesha.

Lipton,Laura. 2016. Sekolah Literasi Perencanaan dan Pembinaan. Cetakan I. Bandung : Nuansa.

Mulyati. 2015. Terampil Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Cetakan I. Jakarta: Pernadamedia Group.

Ngalimun, 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Rasana, Raka. 2009. Laporan Sabbatical Leave Model – Model Pembelajaran. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Priyanti,Saras. 2017. Pengaruh Keterampilan Dasar Literasi Berbantuan Media Grafis Terhadap Penguasaan Kompetensi IPS Siswa Kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Singaraja : FIP Undiksha. Tersedia pada : http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/dwonload/11772/7530 (diakses pada tanggal 5 Januari 2018).

Riski, Riska, Muh. Rizal, Linawati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Sudut Pusat, Panjang Busur, dan Luas Juring di Kelas VIII C SMP Negeri 9 Palu. Jurnal elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 5 Nomor 2, Hal. 175-190. Tersedia Pada: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/9097.

Semi,Atar. 2007. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Bandung : Angkasa.

Setiyaningrum, Erin, dan Istiqomah. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk - Write terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 Hal. 9-16. Tersedia Pada: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/270.

Setyosari,Punaji.2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Edisi Keempat. Jakarta : Prenadamedia Group.

Shoimin,Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Slamet.2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Edisi Kedua. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sugiarta, Sang Made.(2017).”Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Lingkungan terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,(online),Volume 5,Nomor 2. Tersedia padahttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/10764/6866 (diakses tanggal 9 Januari 2018).

Sugiarti, Yeni.(2014).”Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Kediri Tahun Pelajaran 2013/2014”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,(online),Volume 2,Nomor 1. Tersedia padahttp://id.portalgaruda.org/?ref=search&mod=document&select=title&q=Pengaruh+model+think+talk+write+terhadap+keterampilan+menulis&button=Search+Document (diakses tanggal 9 Januari 2018).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Cetakan-21. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Cetakan-21. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017 . Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsisp & Operasionalnya. Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Suparno, Yunus. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Cetakan Keempat. Jakarta : Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Pertama. Jakarta : Prenadamedia Group.

Taufina. 2016. Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia. Cetakan Pertama. Bandung : CV.Angkasa.

Trianto.2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitik. Cetakan Pertama. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

How to Cite

Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Issue

Section

Article