Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22339Abstract
Tujuan yang hendaknya dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 3 Bedagas dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain non equivalent (pretest and posttest)control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Bedagas Purbalingga. Sampel yang diambil adalah 35 peserta didik kelas 5 yang terdiri dari kelas VA berjumlah 17 peserta didik dan kelas VB yang berjumlah 18 peserta didik dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen meningkat sebanyak 14,72. Rata-rata keaktifan belajar kelas kontrol sebelum perlakuan sebesar 64 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 63 dan nilai rata-rata keaktifan belajar siswa kelas kontrol sesudah perlakuan sebesar 70 sedangkan kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kedua kelas tersebut dapat dikategorikan dalam tingkat keaktifan belajar siswa yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 3 Bedagas.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar
References
Ahmadi, A. dkk. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Alma, B. dkk. 2003. Hakekat studi sosial (the nature of social studies). Bandung: Alfabeta
Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bahadin. 2014. An Investivigation the Effect of Quantum Learning Approach on Attitude. Turkey. Education Research Assosiation The International Journal of Research in Teacher Education. ISSN: 1308-951IX │ Vol. 5. No. 2, Hal. 61-72. Tersedia: https://ijrte.eab.org.tr. Diakses : 25 Agustus 2018
Creswell. 2014. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Deporter, B. 2010.Quantum Teaching. Bndung: Mizan Pustaka
Dimyati, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gunarhadi. 2014. The Impact of Quantum Teaching Strategy on Student Academic Achievements and Self-Esteem in Inclusive Schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction.2014 │ Vol. 11 Hal. 191-205. Tersedia: https://eric.ed.gov/?id=EJ1137291. Diakses: 25 Agustus 2018
Huda, dkk. 2013. Pengaruhmodel Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SDN 03 Pancor. 2013 │ Vol. 3. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/ Diakses: 25 Agustus 2018
Permendiknas. 2006. Permendiknas Nasional Republik Indonesia No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk SSatuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: permendiknas
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar Ips di SD. Jakarta: Bndung UPI Press
Sadjiyo, dkk. 2012. Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Shoimin Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media. Yogyakarta
Sudjana, N. 2013.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Taheri, M. et.all. 2015. Strategies to Improve Students’ Educational Achievement Motivation at Guilan University of Medical Sciences. Res Dev Media Educational. Doi: 10.1517/rdme.2015.024 │ Page: 133-139. Tersedia: http://scholar.google.com/scholar 11/2/2019. Diakses: 01 Februari 2019
Trianto. 2013. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wahab, A. 2009. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta
Yamin, M. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi
Yahya, Husniyati . 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa . Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)