Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

Authors

  • Dinar Ayu Wening Palupi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • M.Yusuf Setia W Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Diana Endah Handayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas ILmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22339

Abstract

Tujuan yang hendaknya dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Quantum Teaching terhadap prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 3 Bedagas dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain non equivalent (pretest and posttest)control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Bedagas Purbalingga. Sampel yang diambil adalah 35 peserta didik kelas 5 yang terdiri dari kelas VA berjumlah 17 peserta didik dan kelas VB yang berjumlah 18 peserta didik  dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen meningkat sebanyak 14,72. Rata-rata keaktifan belajar  kelas kontrol sebelum perlakuan sebesar 64 sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 63 dan nilai rata-rata keaktifan belajar siswa kelas kontrol sesudah perlakuan sebesar 70 sedangkan kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kedua kelas tersebut dapat dikategorikan dalam tingkat keaktifan belajar siswa yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching efektif terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 3 Bedagas. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

 

References

Ahmadi, A. dkk. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Alma, B. dkk. 2003. Hakekat studi sosial (the nature of social studies). Bandung: Alfabeta

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Bahadin. 2014. An Investivigation the Effect of Quantum Learning Approach on Attitude. Turkey. Education Research Assosiation The International Journal of Research in Teacher Education. ISSN: 1308-951IX │ Vol. 5. No. 2, Hal. 61-72. Tersedia: https://ijrte.eab.org.tr. Diakses : 25 Agustus 2018

Creswell. 2014. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Deporter, B. 2010.Quantum Teaching. Bndung: Mizan Pustaka

Dimyati, dkk. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gunarhadi. 2014. The Impact of Quantum Teaching Strategy on Student Academic Achievements and Self-Esteem in Inclusive Schools. Malaysian Journal of Learning and Instruction.2014 │ Vol. 11 Hal. 191-205. Tersedia: https://eric.ed.gov/?id=EJ1137291. Diakses: 25 Agustus 2018

Huda, dkk. 2013. Pengaruhmodel Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi belajar dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV SDN 03 Pancor. 2013 │ Vol. 3. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/ Diakses: 25 Agustus 2018

Permendiknas. 2006. Permendiknas Nasional Republik Indonesia No.22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk SSatuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: permendiknas

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sapriya, dkk. 2008. Konsep Dasar Ips di SD. Jakarta: Bndung UPI Press

Sadjiyo, dkk. 2012. Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Shoimin Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-Ruzz Media. Yogyakarta

Sudjana, N. 2013.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Syah, M. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Taheri, M. et.all. 2015. Strategies to Improve Students’ Educational Achievement Motivation at Guilan University of Medical Sciences. Res Dev Media Educational. Doi: 10.1517/rdme.2015.024 │ Page: 133-139. Tersedia: http://scholar.google.com/scholar 11/2/2019. Diakses: 01 Februari 2019

Trianto. 2013. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wahab, A. 2009. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta

Yamin, M. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Jakarta: Referensi

Yahya, Husniyati . 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sms Islam Terpadu Al-Fityan Gowa . Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Wening Palupi, D. A., Setia W, M., & Handayani, D. E. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 3(4), 485–492. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22339

Issue

Section

Article