Pengaruh Model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24328Keywords:
VAK, media gambar, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) berbantuan media Gambar dan model pembelajaran tanpa model terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Gugus 2 Banjarangkan. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperiment. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus 2 Banjarangan Kabupaten Klungkung tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 91 siswa. Sampel penelitiannya yaitu kelas V di SD Negeri 2 Banjarangkan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang siswa dan kelas V di SD Negeri 3 Banjarangkan sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar (tes pilihan ganda). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata data hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih dari hasil belajar kelas kontrol yaitu 23,88 > 18,95. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh thitung = 7,8687 dan ttabel dengan db= 61 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,999. Jika dibandingkan akan terlihat bahwa thitung > ttabel (7,8687 > 1,999). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) berbantuan media Gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tanpa model pada siswa kelas V SD di Gugus 2 Banjarangkan Kabupaten Klungkung.References
Adnyani, N. L. S., Renda, N. T., & Kusmariyatni, N. 2014. “Pengaruh Model Vak Berbantuan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Mas”. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Aditya Media Publishing.
Kustandi Cecep, Sutjipto Bambang.2016. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Koyan, I W. 2012.Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung : Cv Wacana Prima.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)