Pengaruh Model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Wayan Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Kusmariyatni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Murda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24328

Keywords:

VAK, media gambar, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) berbantuan media Gambar dan model pembelajaran tanpa model  terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Gugus 2 Banjarangkan. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperiment. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus 2 Banjarangan Kabupaten Klungkung  tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 91 siswa. Sampel penelitiannya yaitu kelas V di SD Negeri 2 Banjarangkan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 orang siswa dan kelas V di SD Negeri 3 Banjarangkan sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, sedangkan instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar (tes pilihan ganda). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata data hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih dari hasil belajar kelas kontrol yaitu 23,88 > 18,95. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh thitung  = 7,8687 dan ttabel dengan db= 61 dan taraf signifikansi 5% adalah 1,999. Jika dibandingkan akan terlihat bahwa thitung > ttabel (7,8687 > 1,999).  Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) berbantuan media Gambar dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran tanpa model pada siswa kelas V SD di Gugus 2 Banjarangkan Kabupaten Klungkung.

References

Adnyani, N. L. S., Renda, N. T., & Kusmariyatni, N. 2014. “Pengaruh Model Vak Berbantuan Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Mas”. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Aditya Media Publishing.

Kustandi Cecep, Sutjipto Bambang.2016. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koyan, I W. 2012.Statistik Pendidikan “Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung : Cv Wacana Prima.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Wahyuni, N. W., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2020). Pengaruh Model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24328

Issue

Section

Article