Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermediakan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Tjokorda Istri Mirah Satya Dewi P Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Nyoman Kusmariyatni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk pada penelitian jenis eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati dengan jumlah siswa 150. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V di SD Negeri 2 Batuan Kaler dan SD Negeri 4 Batuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar IPA, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA kelompok eksperimen (23,58) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (15,23). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay bermediakan audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Agung, A. A .G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ayuwanti, Irma. 2016 . Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Smk Tuma’ninah Yasin Metro . Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X

Bamawi dan Mohammad A, 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Ar-Ruzz Media, Jakarta.

Candiasa, I. M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers

Depdiknas. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BNSP.

Dewi, N. M. M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus IV Kecamatan Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No: 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017)

Koyan, W. 2012. Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih, I dan Berlin S. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 233-245 . Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nurkholis. 2013 . Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiantari, N. P. E. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus V Mengwi”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No:1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017

Soefandi dan Ahmad. 2009. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tegeh, M. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widya, N. M. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Saraswati 2 Denpasar”.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 No:1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 24 Desember 2017).

Downloads

Published

2019-07-16

How to Cite

Satya Dewi P, T. I. M., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Bermediakan Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18520

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)