PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBASIS TAT TWAM ASI TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12961Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran role playing berbasis tat twam asi dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diperoleh Kelas V SD Negeri 14 Kesiman sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V SD Negeri 6 Kesiman sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh thitung Sebesar 4,634. Taraf signifikansi 5% dan dk=67 diperoleh batas penolakan hipotesis nol sebesar 2,00. Berarti thitung > ttabel yaitu 4,634 > 2,00, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata skor penguasaan kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen X̅ = 0,60 > X̅ = 0,41 siswa kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbasis tat twam asi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Budi Utomo Tahun Ajaran 2016/2017.References
Agung, A. A. Gede. 2006. Evaluasi Pendidikan.Singaraja: IKIP.
Agung, A.A Gede. 2014. Buku Ajar MetodelogiPenelitian Pendidikan.Singaraja: Undiksha.
Ardian, Biantara (2013) Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Blondo 3 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. S1 thesis, PGSD. http://eprints.uny.ac.id/14825/
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan Ed. 2. Jakarta: PT BumiAksara
Ariwitari, Ni Md Rai, Md Putra & MG. Rini Kristiantari. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Gugus 1 Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1
Atasani, Ida Melati, A.A.I.N. Marhaeni & M. Sutama. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Ditinjau Ddri Minat Berbahasa Indonesia Siswa Kelas V Gugus 1 Aikmel. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3
Dantes,Nyoman.2012.Metode Penelitian.Yogyakarta:ANDI.
Dharmawan, Donnie Weda, I Md. Suarjana & I Md. Citra Wibawa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1
Emzir.2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif.Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS (Filosofi, KonsepdanAplikasi). Bandung: Alfa Beta.
Hakim, Arif Rahman, Wayan Lasmawan & Nyoman Dantes. 2014. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Segugus Karang Baru. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar. Komara, Endang. 2014. Belajardan PembelajaranInteraktif. Bandung: PT RefikaAditama
Khoirunnisa, Selvy Wulan. 2016.Fakultas Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pardasuka Katibung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/23963/
Kosasih.2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran (Implementasi Kurikulum 2013). Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2012.Statistik Pendidikan. Singaraja :Undiksha
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurukulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniasih,Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Martha, I Md. Adi Ary, I Gd Meter & I Wyn Sujana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Berbasis Karakter Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Gugus 4 Kerobokan Kelod. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1
Ngalimun. 2016. Strategidan Model Pembelajaran. Banjarmasin: AswajaPresindo.
Pratiwi, Hanifah Nur dan Mungit Sudianto. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. JPGSD. Volume 01 Nomor 02 (hlm. 1-10)
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Perdanamedia Group.
Suarsana, IBP., Wayan Lasmawan, A.A.I.N Marhaeni. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Asesmen Kinerjaterhadap Hasil Belajar Ips dan Motivasi Berprestasi Kelas V SDN Gugus II Laksamana Jembrana. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alvabeta.
Sugiyono.2013.Statistika untuk Penelitian.B andung: Alfabeta.
Sugiyono.2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suhardana, Komang. 2010. Tat Twam Asi Ajaran Kesamaan Martabat Manusia. Surabaya: Paramita.
Sukardi. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Perdanamedia Group.
Wahyudi, Achmad Basari Eko dan Siti Partini Suardiman. 2013. Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia. Volume 1, Nomor 2 (hlm. 113-123).
Wahyuni, Ni Made, I Wayan Koyan & I Gde Wawan Sudatha. 2013. Penerapan Metode Bermain Peran Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Di Tk Dharma Kusuma.
Wardana, I Komang Ngurah, I Ketut Adnyana Putra & I.G.A.A Sri Asri. 2014. Pengaruh Model Pebelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.
Widiantara, I Gd., Dsk. Pt. Parmiti dan I Dw. Kade Tastra. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Keterampilan Berbicara Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Desa Penglatan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)