Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PAKEM berbasis tri hita karana terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan desain rancangan kelompok non-ekuivalen. Seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018 yang banyaknya 330 orang siswa yang dijadikan populasi penelitian. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok yaitu mengacak kelas, sehingga diperoleh kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 38 orang dan kelas IV B SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelompok kontrol sebanyak 43 orang. Data hasil keterampilan menulis dikumpulkan dengan instrumen berupa tes uraian berjumlah 1 butir tes yang telah divalidasi. Data keterampilan menulis dianalisis dengan uji-t polled varian. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model PAKEM berbasis tri hita karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 4,278 > ttabel (α=0,05, 79) = 1,990. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PAKEM berbasis tri hita karana berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Ajaran 2017/2018References
Ani, Ni Kadek Kisri, I Wyn. Darsana, IGA. Agung Sri Asri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2 Hal. 1-10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/11018/7069. Diakses tanggal: 30 Januari 2018
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Astami, Ni Made Wira. 2016. “Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis Tri Hita Karana Dapat Meningkatkan Sikap Sosial dan Kompetensi Pengetahuan IPS”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 4 (hlm. 1- 10), Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/indx.php/JJPGSD/article/view/7250/4948 (di akses tanggal: 11 Januari 2018).
BSPN, 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tanggal 23 Mei 2006 Standar Isi. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Cahyani, Isah. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Model PAKEM Melalui Teknik Menjadi Wartawan Junior di SD”. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.8(1), pp.39-54. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press, ISSN 1979-0112, Tersedia pada http://www. mindamasjournals.com/index.php/sosiohumanika/article/view/526, (di akses tanggal: 04 Januari 2018).
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Farhrohman, Oman. 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary Vol. 09 No. 01 Hal. 23-34. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/. Diakses tanggal: 30 Januari 2018
Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 Hal. 81-98. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/261. Diakses tanggal: 30 Januari 2018
Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Rosdakarya.
Ngurah, Gusti Made. 1999. Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Purwanto,dkk. 2015. “Pembelajaran Pengelasan Las Busur Listrik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Vokasi:Teori dan Praktek, ISSN 2302-285X, Tersedia pada http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-prak/article/view/13569/4816, (diakses tanggal: 30 Januari 2018)
Rusman, 2014. Model-Model Pembelajaran Edisi Kedua. Cetakan kelima. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Suharman, S. A., Pariabti P., dan Eko Hadi Sujiono. 2011. Penerapan Pendekatan Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X2 SMA Negeri 1 Pangkajene. JSPF Vol.7 No.2 Hal. 140-152. https://ojs.unm.ac.id/JSdPF/issue/view/165. Diakses tanggal: 30 Januari 2018.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Pelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiana, Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya : Paramita.
Wirawan, I Made Adi. 2011. Tri Hita Karana Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurut Veda. Surabaya: Paramita.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)