PENERAPAN METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11605Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika setelah diberikan tindakan berupa Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret dalam pembelajaran Matematika siswa kelas III Semester 2 dengan jumlah siswa 10 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 4 orang dan siswa perempuan 6 orang di SDN 6 Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, diantaranya terdapat 5 orang siswa yang mengalami hasil belajar dibawah standar yang ditetapkan. Data hasil belajar yang telah terkumpul dianalisis dengan metode statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penggunaan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret pada siswa kelas III Semester 2 SDN 6 Tianyar Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari rata-rata kelas 50% (kurang) sebelum tindakan, setelah tindakan pada siklus I rata-rata nilai kelas adalah 54,6% (cukup). Besar peningkatan sebelum tindakan dan setelah tindakan pada siklus I sebesar 15% sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 73,8,% (Baik). besar peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 19,2% ini menunjukkan ada peningkatan dari siklus I dan siklus II dari kategori cukup menjadi kategori baik.
Referensi
Agung, A.A. G. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja. STKIP Singaraja
Ali. 1992. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Aryati, Luh. 2003. Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas I Semester I di SD No. 3 Sidatapa Kecamatan Banjar Singaraja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja. Bandung: Pustaka Setia
Depdikbud. 2005. Pengelolaan Bagi Guru Mata Pelajaran .
Imbrahim dan Syiadil. 1993. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional
Purwanto, Metedeologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC
Rusyan, A. Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung : Bina Bhudaya
Setiadi. 2003. Implementasi pembelajaran dengan pendekatan bernabtuan LKS kontekstual sebagai upaya untuk meningkatkan konsep diri dan kompetensi dasar matematika kelas siswa kelas VIIIA SMP N 4 Singaraja tahun ajaran 2005/2006.Undiksha Singaraja.
Sudarma, I Komang dan Parmiti, Desak Putu. 2007. Media Pembelajaran. Singaraja. Undiksha
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suherman, dkk. 2003. Metedeologi Penelitian Sosial dan Pendidikan .Jakarta:Bumi Aksara
Sumantri, dkk.1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti
Supardi, dkk. 2009. Pengertian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Suryasubroto. B. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwatra, dkk. 2007. Model Pembelajaran Tife Student Teams achivement devision (STAD) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tulamben Kecamatan Kubu.Tahun pelajaran 2008/2009.Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan guru sekolah dasar, undiksha singaraja
Wardani. 2004. Penerapan Beberapa Jenis Media Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas III di Sekolah Dasar No 2 Bulian,Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng.tahun ajaran 1998/1999. Sekripsi (tidak diterbitkan). Jurusan teknologi pendidikan, STKIP Singaraja.
Zainudin. 1988. Media Intruksional Edukatif.Jakarta: Rineka Cipta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)