EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13904Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran tipe TSTS yang ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD Negeri Gugus Depan ki Hajar Dewantara. Metode penelitian ini adalah Eksperimen, dengan sampel penelitian berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample Test diketahui pada t tes for equality of means nilai signifikan 0,002< 0,001. Dengan kata lain hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol. Maka dari itu model pembelajaran TSTS lebih efektif dari model konvensional.
Referensi
A, R., Budiyono, & Sari. (2016). eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dan two stay two stray (TSTS) dengan pendekatan saintifik ditinjau dari gaya belajar siswa . jurnal elektronik pembelajaran matematika , volem 4 hal 291.
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryawan, E. P., Renda, N., & Rati, N. W. (2014). pengaruh strategi pembelajaran the power of two berbantuan media belajarmanipulatif terhadap hasil belajar matematika. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014) , 2.
Dwi susandi, A., Budiyono, & Retno sari s, d. (2014). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI segiempat ditinjau dari KECERDASAN MATEMATIS LOGIS SISWA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 , 838-839.
Fatmawati, D. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa. jurnal bandar lampung , 45-47.
Febriyanti, E. A., Jampel, I. N., & Syahruddin, H. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , 55-58.
Fithra Ramadian, A. d. (2014). efektivitas model pembelajaran two stay two stray terhadap peningkatan hasil belajardi sma. fkip untan , 3.
Herawati. (2015). penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi keliling dan luas lingkaran di kelas vi sd negeri 53 banda aceh. Jurnal Peluang Volume 3 No.2 , 102-105.
Hidayati, N. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif (Adobe Flash Cs6) Terhadap Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas V SDN Jurug Sewon. Trihayu , 1-4.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Perwitasari, S., SM, E., & Shaifuddin, M. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pecahan . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran , 50.
Pramigarini, kusumayadi, & Riyadi. (2014). ekperimentasi model pembelajaran two stay two stray dan think pair share dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) ditinjau dari aktivitas belajar matematika. jurnal elektronik pembelajaran matematika , vol 2 no 3 halaman 257.
Pratiwi, A., & Hw, S. (2016). PENGARUH STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI. KNPMP 1 UMS , 9.
Ristiani, F. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two StrayTerhadap Hasil Belajar IPA. Trihayu , 27-31.
Rusman. (2016). model model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru . jakarta : PT Rajagrafindo.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rhineka Cipta.
Suprijono, A. (2011). cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Surianto, Akhyar, M., & Nurkamto, J. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Pada Mata Diklat Teknik Mesin Di SMK Muhammadiyah Sumowono. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol 2, No.2 , 199-210.
Sutrisno, A., & dkk. (2015). MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP MOMENTUM IMPULS. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 20, Nomor 1, , 38-42.
Ulfa, R., & Kusmanto, B. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran TSTS Siswa Kelas VIII C MTs Darul Qur'an Wonosari. UNIUN Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No 2 , 192.
Wardani, n., slameto, & winanto, a. (2014). asesmen pembelajaran SD . salatiga: widya sari press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)