Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Sekolah terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA

Penulis

  • I Wayan Suartawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13999

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas V di SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan sekolah dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu ( nonequivalent control group design ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus Srikandi tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan kompetensi pengetahuan IPA di kelas eksperimen maupun di kelas control dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, menyatakan tidak terdapat perbedaan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa kelas V di SD Gugus Srikandi kecamatan Denpasar Timur tahun pelajaran 2016/2017 yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan sekolah dan siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik ditolak, dan rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen, yaitu 80,9 dan rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol, yaitu 69,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis media lingkungan sekolah terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Srikandi tahun pelajaran 2016/2017.

Referensi

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja : Aditya Media Publishing

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena

Permendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah”. Jakarta: Kemendikbud

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Winarsunu, Tulus. 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press.

Diterbitkan

2018-05-08

Cara Mengutip

Suartawan, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Sekolah terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijee.v2i1.13999

Terbitan

Bagian

Article