Analisis Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Pendidikan Karakter

Penulis

  • Sujendra Diputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14416

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik Kurikulum 2013 pendidikan karakter terpadu, oleh karena itu penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data yang dihasilkan adalah 1) pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter, 2) skor RPP yang dirancang oleh guru, dan 3) skor pelaksanaan pembelajaran guru. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memahami konsep pendidikan karakter tetapi belum secara detail terkait dengan deskripsi 18 nilai karakter yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran. Sehubungan dengan pelajaran kurikulum yang diusulkan Kurikulum 2013, nilai-nilai karakter yang dipilih untuk dikembangkan dalam pelajaran belum terlihat dalam langkah-langkah pembelajaran. Dalam tahap pelaksanaan pembelajaran, nilai karakter yang tercantum dalam RPP belum diimplementasikan dengan benar.

Diterbitkan

2018-06-29

Cara Mengutip

Diputra, S. (2018). Analisis Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Pendidikan Karakter. International Journal of Elementary Education, 2(2), 138–143. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14416

Terbitan

Bagian

Article