Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283Abstrak
Masalah ini disebabkan oleh proses belajar yang monoton dan membosankan, siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Masih menekankan pembelajaran ceramah, siswa merasa bosan dan enggan memperhatikan penjelasan guru dan siswa terlihat pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pencocokan kartu indeks efektif terhadap pembelajaran IPA kelas II SD Negeri 02 Pojok Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model indeks kartu korek api dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Tampaknya persentase ketuntasan belajar dari 26,92% naik menjadi 88,46%Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahridan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farahwati, Ayuningtyas. 2016.”Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (Icm) Terhadap Hasil Matematika Pada Siswa Kelas V Sd N 2 Cepokomulyo Kendal”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018. Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sadiman,dkk. 1990. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV. Rajawali Ilmu.
Shaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Pengembangan Kurikilum : Teori dan praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sagita, Isabela Ine, Dkk. 2018. “Pengaruh Metode Kooperatif Index Card Match Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS Di SMA Negeri 16 Surabaya”. e-jurnal Pendidikan Sejarah, Vol 6 No 1. 2018.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/22515/20506. Diakses 05 Juni 2018
Soegeng Ysh, A.Y. 2016. Dasar – Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Press.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstroktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Inplementasi KTSP. Jakarta : Gedung Persada Press
Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD .
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)