Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA

Penulis

  • Melisa Intan Sari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rustopo . Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283

Abstrak

Masalah ini disebabkan oleh proses belajar yang monoton dan membosankan, siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Masih menekankan pembelajaran ceramah, siswa merasa bosan dan enggan memperhatikan penjelasan guru dan siswa terlihat pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pencocokan kartu indeks efektif terhadap pembelajaran IPA kelas II SD Negeri 02 Pojok Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan model indeks kartu korek api dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Tampaknya persentase ketuntasan belajar dari 26,92% naik menjadi 88,46%

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahridan Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farahwati, Ayuningtyas. 2016.”Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (Icm) Terhadap Hasil Matematika Pada Siswa Kelas V Sd N 2 Cepokomulyo Kendal”. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018. Model – Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sadiman,dkk. 1990. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV. Rajawali Ilmu.

Shaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Pengembangan Kurikilum : Teori dan praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sagita, Isabela Ine, Dkk. 2018. “Pengaruh Metode Kooperatif Index Card Match Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-IIS Di SMA Negeri 16 Surabaya”. e-jurnal Pendidikan Sejarah, Vol 6 No 1. 2018.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/22515/20506. Diakses 05 Juni 2018

Soegeng Ysh, A.Y. 2016. Dasar – Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Press.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekertaris Negara Republik Indonesia.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstroktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru dan Inplementasi KTSP. Jakarta : Gedung Persada Press

Zaini, Hisyam dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD .

Diterbitkan

2019-04-10

Cara Mengutip

Intan Sari, M., ., R., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41–45. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283

Terbitan

Bagian

Article

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama