Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17659Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi, pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berada di Gugus I Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki jumlah populasi 147 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional simpel random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi sejumlah 105 siswa. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes esai dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS didapatkan melalui pencatatan dokumen yaitu nilai Ujian Akhir Semester (UAS) semester I.. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rxyhitung = 0,764. Pada taraf signifikansi 5%, dan n = 105 maka diperoleh rxytabel = 0,195. Karena rxyhitung = 0,764 > rxytabel = 0,195 maka dapat diartikan bahwa H0 yang berbunyi tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi kemampuan berpikir kritis semakin meningkat penguasaan kompetensi pengetahuan IPS.Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Barus, Pratiwi. 2016. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan”. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018
Ghofur, Durrotun Nafisah, dkk. 2016. “Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Volume 1. Nomor 2. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018
Habibullah. 2014. Refleksi Gender dalam Pembelajaran Kurikulum 2013; Studi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Model di Solok, Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Kajian Gender Vol. 4 No. 2 Hal. 1-18. http://kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/100/74. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya
Prihanti, Sekar. 2015. Strategi Belajar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Purnomo, Arif, Abdul Muntholib, dan Syaiful Amin. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) PADA Materi Kontroversi (Controversy Issues) DI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 33 No. 1 Hal. 13-25. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/download/7661/5343. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.
Saputra, Targana Adi. 2016. Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 Hal. 1-8. http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2736/1784. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Surahman, Edy, dan Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS Vol. 4 No. 1 Hal. 1-13. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)