Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS

Penulis

  • Maria Yosi Anggraeni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Adnyana Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17659

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD  Gugus I Mengwi, pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berada di Gugus I Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki jumlah populasi 147 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional simpel random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi sejumlah 105 siswa. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes esai dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS didapatkan melalui pencatatan dokumen yaitu nilai Ujian Akhir Semester (UAS) semester I.. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rxyhitung = 0,764. Pada taraf signifikansi 5%, dan n = 105 maka diperoleh rxytabel = 0,195. Karena rxyhitung = 0,764 > rxytabel = 0,195 maka dapat diartikan bahwa H0 yang berbunyi tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus I Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi kemampuan berpikir kritis semakin meningkat penguasaan kompetensi pengetahuan IPS.

Referensi

Agung, A. A. G. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Barus, Pratiwi. 2016. “Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan”. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018

Ghofur, Durrotun Nafisah, dkk. 2016. “Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Volume 1. Nomor 2. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018

Habibullah. 2014. Refleksi Gender dalam Pembelajaran Kurikulum 2013; Studi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Model di Solok, Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Kajian Gender Vol. 4 No. 2 Hal. 1-18. http://kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/100/74. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya

Prihanti, Sekar. 2015. Strategi Belajar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Purnomo, Arif, Abdul Muntholib, dan Syaiful Amin. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) PADA Materi Kontroversi (Controversy Issues) DI Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 33 No. 1 Hal. 13-25. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/download/7661/5343. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.

Saputra, Targana Adi. 2016. Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 Hal. 1-8. http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2736/1784. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Surahman, Edy, dan Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS Vol. 4 No. 1 Hal. 1-13. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi. Diakses Pada Tanggal 4 Januari 2018.

Cara Mengutip

Anggraeni, M. Y., & Adnyana Putra, I. K. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17659

Terbitan

Bagian

Article